blank
ilustrasi buah kenitu. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kenitu termasuk buah yang memiliki tekstur dan bentuk yang mirip dengan sawo. Tak jarang kenitu juga sering digunakan sebagai bahan baku es krim. Manfaat kenitu memang jarang sekali diketahui oleh banyak orang, pasalnya di Indonesia buah ini sudah semakin langka dan jarang ditemukan.

Dilansir dari Suara.com, Kenitu memiliki nama yang berbeda di setiap daerah, ada yang menyebutnya macecu, sawo hijau, sawo duren, dan kernatu. Sama seperti mangga, kenitu juga terdiri dari beberapa jenis sehingga menghasilkan buah yang bervariasi warnanya, mulai dari hijau, cokelat, dan ungu.

Terlepas dari rasanya yang enak untuk dikonsumsi, buah musiman ini ternyata banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Dilansir dari Healthline, berikut lima manfaat dari konsumi buah kenitu, yang perlu diketahui.

1. Cegah Anemia

Kenitu diperkaya dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga dipercaya mampu membantu mencegah gejala anemia serta pembentukan sel darah merah. Konsumsi kenitu secara rutin, dapat membantu mengikat oksigen di dalam sel darah yang akan disalurkan pada seluruh bagian tubuh.

Buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi kamu yang mengalami anemia. Kamu bisa mengolah kenitu menjadi jus, atau bisa juga dikonsumsi secara langsung.

2. Turunkan Kolesterol

Kenitu mengandung B3 dan niacin yang cukup tinggi sehingga dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dari risiko stroke akibat penyumbatan pembuluh darah.

B3 dan niacin yang terdapat pada kenitu, dipercaya mampu menurunkan kadar lemak jahat atau kolestrol. Selain itu, niacin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan sistem pencernaan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat selanjutnya yang bisa Kamu peroleh dari konsumsi kenitu yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kenitu mengandung kalsium dan fosfor meski kadarnya tidak setinggi susu, namun cukup efektif untuk menjaga kepadatan tulang serta kesehatan gigi.

4. Mencegah Diabetes

Kenitu aman dikonsumsi terutama bagi penderita gula darah atau diabetes. Hal itu dikarenakan kenitu mengandung banyak senyawa seperti flavonoid, alkaloid, polifenol, steroid, dan triterpenoid. Semua kandungan senyawa tersebut dapat mencegah terjadinya diabetes, sehingga gula darah tetap aman.

5. Menangkal Radikal Bebas

Kenitu dikenal sebagai salah satu buah kaya antioksidan, sehingga sangat efektif untuk menangkal radikal bebas. Buah ini juga mengandung vitamin C, kombinasi antioksidan dan vitamin C dapat membantu mengurangi inflamasi dan menjaga kulit agar tampak lebih awet muda.

Claudia