blank
Truk Isuzu berplat nomor AG 9273 KC, terperosok dan terguling ke luar sisi badan jalan. Muatan dedak bekatulnya tumpah.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dua truk terlibat kecelakaan lalu lintas di ruas jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim), menyebabkan seorang meninggal. Lokasinya di tanjakan-turunan Jurang Krakal-Jurang Gantung, Dusun Lemah Duwur RT 1/RW 2, Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kasat Lantas AKP Maryono melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Aiptu Iwan Sumarsono, menyebutkan, kecelakaan maut di Kilometer 50 Wonogiri-Ponorogo ini, berlangsung Rabu pagi (9/11) Pukul 04.15.

Korban meninggal, Tugino (47), warga Jalan Wijaya Kusuma I, Dusun Kebondalem RT 3/RW 14, Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Jateng. Pria kelahiran Klaten Tanggal 23 Agustus 1975 tersebut, mengalami luka pada kaki serta kepala dan meninggal di Rumah Sakit (RS) Amal Sehat, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Status korban adalah kernet truk tronton Hino berplat nomor AD 8097 OA, yang saat kecelakaan dikemudikan oleh Purwanto (63), penduduk asal Desa Tanon, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jateng.

Sedang pengemudi Truk Isuzu berplat nomor AG 9273 KC yang terlibat kecelakaan ini, Yudha Apriliyanto (23). Pria kelahiran Blitar Tanggal 2 April 1999 ini adalah warga asal Dusun Centong RT 2/RW 7, Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jatim.

Petugas yang melakukan penanganan di lokasi kecelakaan, menyebutkan, kronologi kecelakaan maut tersebut diawali saat Truk Tronton Hino AD 8097 OA melaju dari arah timur ke barat (Purwantoro – Slogohimo), dengan muatan besi.

Truk Ngglondor

Sesampainya di jalan tanjakan, tidak kuat menanjak, kemudian berjalan mundur (ngglondor) dan berhenti melintang di jalan. Selanjutnya, Kernet Tugino turun bermaksud untuk memberikan ganjel atau belok. Tapi malang, saat bersamaan dari arah barat ke timur (Slogohimo – Purwantoro) melaju Truck Isuzu  AG 9273 KC yang mengangkut muatan dedak bekatul.

blank
Personel Polsek Purwantoro Polres Wonogiri yang mendatangi lokasi kecelakaan, bersama warga masyarakat berupaya mengangkut korban untuk dibawa ke rumah sakit.(Dok.Humas Polres Wonogiri).

Mengetahui ada Truck Tronton melintang di tengah jalan, pengemudi Truck Isuzu menghindar ke kanan dan menabrak Kernet Tugino. Truk Isuzu tetap berjalan dan membentur bagian bak belakang Truk Tronton, serta baru berhenti setelah terperosok dan terguling ke sisi luar badan jalan.

Berkaitan kecelakaan maut ini, polisi telah meminta keterangan dari Saksi Sutarno (62) dan Tarno (47), keduanya adalah penduduk Dusun Lemah Duwur, Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, serta Suryanto (42) warga asal Dusun Tulungrejo, Desa Wates, Kecamatan dan Kabupaten Blitar, Jatim.

Personel Polsek Purwantoro Polres Wonogiri yang mendatangi lokasi kecelakaan, berupaya membawa korban ke RS Amal Sehat, Slogohimo, Wonogiri. Tapi jiwanya tidak dapat diselamatkan.

Untuk mengevakuasi truk yang terguling di area persawahan Lemah Duwur, didatangkan mobil katrol. Warga menyebutkan, lokasi kecelakaan yang terkenal sebagai Jurang Krakal-Jurang Gantung itu, merupakan jalur tengkorak karena sering terjadi kecelakaan.

Bambang Pur