blank
Penulis, sejak masa muda sudah menggeluti baca dan tulis. Bagai artis, dia sedang membalas surat dari fans para pembaca bukunya. Foto: Dok Masruri

blank

TAHUN 2009 datang anak muda, dan pada kartu namanya tertulis gelar “Raja Hipnotis”. Karena dia datang untuk privat, maka saya tanya, “Bukankah Anda sudah ahli hipnotis?” Dia malah tertawa,”Saya baru belajar dari diktat, Pak. Praktiknya belum.”

Usai pelatihan pemuda kurus dan humoris itu saya tertawai… “Rajanya saja kurusnya seperti ini, rakyatnya kurusnya seperti apa ya?”

Dia lalu tertawa ngakak dan berseloroh, “Tuhan bersama orang-orang yang nekat.”

Lain waktu ada lagi anak muda mau privat tenaga dalam. Karena terkendala dana, sebelum berangkat, di desanya dia sudah tampil seolah sudah menguasai tenaga dalam. Dia nekat pasang spanduk penerimaan pendaftaran siswa baru.

Ketika uang hasil dari pendaftaran itu sudah terkumpul dan lebih dari cukup, lalu dia gunakan  untuk biaya privat ke Pati. Terkadang, dalam kondisi “mendesak” orang menjadi cerdas.

Bahkan ada yang berpendapat, orang yang punya bawaan nekat itu termasuk orang yang memiliki kepercayaan diri super tinggi.  Untuk sebuah misi, otaknya sudah ditarik ke dengkul. Mungkin saya, Anda, dan kita, termasuk golongan yang itu.

Daftar Tenaga Dalam

Kelas II SMA saya tertarik belajar tenaga dalam. Karena untuk ujicoba tenaga dalam, yang menyerang harus dalam kondisi emosi atau “amarah” maka pelatih harus orang yang siap jadi sansak hidup untuk memancing emosi yang menyerang.