blank
Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1443 H, para siswa SD Negeri Nayu Barat, Nusukan, Solo, melakukan aksi ramai-ramai mencuci sarung, mukena dan sajadah di sekolah.

SOLO (SUARABARU.ID) – Dalam rangka menyambut datangnya Bulan Susi Ramadan 1443 H (2022), para siswa Sekoah Dasar (SD) Negeri Nayu Barat, Nusukan, Solo, melakukan aksi ramai-ramai mencuci sarung, sajadah dan mukena.

Aksi ini diprakarsai oleh Presiden Aeng-Aeng, Mayor Haristanto. Yakni tokoh kreatif Kota Bengawan, yang banyak menerima anugerah pemecahan rekor dunia dari MURI.

Kegiatan ini berlangsung di halaman sekolah. ”Aksi ini kami tradisikan setiap tahun dan telah berlangsung 15 tahun. Lokasi sekolahnya berpindah-pindah,” jelas Mayor Haristanto.

Terkait dengan ini, para murid masing-masing membawa sarung,  mukena, sajadah dan sabun dari rumah. Kemudian melalukan praktik mencuci dan menjemur di halaman sekolah.

Kata Mayor, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengenalkan edukasi kemandirian sejak dini. Utamanya tentang pentingnya membudayakan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Di sisi lain, aksi ini untuk mengingatkan bahwa sebentar lagi datang Bulan Puasa. Bagi umat Muslim, siap-siap menjalani ibadah puasa Ramadan selama sebulan.

Kepala Sekolah (Kasek) SD Negeri Nayu Barat, Wahyu Ratnawati, menyatakan, melalui kegiatan edukasi outclass ini, kiranya dapat menjadi upaya untuk mengimplementasikan profil pelajar Pancasila.

Diharapkan, tambah Wahyu, anak-anak memperoleh pengalaman berharga tentang penanaman jiwa kemandirian, yaitu praktik mencuci dan menjemur yang dilakukan secara bergotong-royong sesama siswa.

Bambang Pur