Tim Sepakbola Siwo PWI Jateng saat memperkenalkan jersey tim sekaligus berpamitan, di Kantor PWI Jateng, didampingi Ketua Siwo PWI Jateng, Erwin Ardian (kedua dari kiri). Foto: sigit pr

SOLO (SUARABARU.ID)– Turnamen Sepakbola Piala Gibran 2022 mulai digelar di Stadion Sriwedari, Solo, Minggu (13/2/2022). Turnamen ini belangsung Sabtu-Kamis (12-17/2/2022), memperebutkan total hadiah uang sebesar Rp 110 Juta.

Turnamen ini diikuti delapan tim Siwo PWI dari seluruh Indonesia, yakni Solo, Jateng, DIY, DKI Jakarta, Jatim, Kalsel, Riau, dan Jabar.

”Turnamen ini beda dengan Porwanas (Pekan Olahraga Wartawan Nasional-red) lalu. Kalau ini khusus sepakbola, dimulai dari Solo seperti PON,” terang perwakilan panitia pusat Turnamen Piala Gibran, Fatih Cahyanto, dalam sesi jumpa pers di Monumen Pers Solo, Sabtu (12/2/2022).

BACA JUGA: Turnamen Piala Gibran 2022 Dijadikan Contoh Penyelenggaraan Berikutnya

Sementara itu, Sekretaris Panitia Ronald Seger menyampaikan, ajang ini menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan stadion-stadion standar FIFA yang ada di Solo.

Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Stadion Sriwedari dan Kota Barat, Solo. Dua stadion itu juga direncanakan menjadi lapangan latihan saat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun depan. ”Ajang ini sekaligus menjadi tes sebelum penyelenggaraan piala dunia,” jelas dia.

Terkait dengan protokol kesehatan, seluruh anggota tim baik itu manajer, ofisial, pemain dan pelatih, akan menjalani tes swab sebelum pertandingan. Mereka dites di lokasi penginapan masing-masing. ”Syarat utamanya, menunjukkan kartu pers dan diketahui Ketua PWI setempat,” lanjut dia.

Pihaknya berharap, kalau ajang ini bisa berkelanjutan, aturan ke depan akan lebih diperketat. ”Yang penting adalah, ini merupakan ajang silaturahmi antara wartawan,” jelas dia.

Riyan