Moeljanto, SE, MM, Camat Candisari secara simbolis melepas rombongan LPMK Tegalsari yang akan berangkat menuju Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, untuk menyerahkan secara langsung bantuan korban erupsi Gunung Semeru yang dikumpulkan dari warga melalui RT/ RW se kelurahan Tegalsari, di Balai Kelurahan Jum'at (28/1/2022). Foto: Dok Istw

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga pemberdayaan masyarakat (LPMK) kelurahan Tegalsari, Kecamatan Candisari, Kota Semarang menggalang donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru.

Pelaksanaan aksi sosial peduli korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang yang meletus pada 4 Desember 2021 lalu tersebut, dijalankan dengan penggalangan dana yang di himpun melalui RT/RW se-Kelurahan Tegalsari.

Kartiman, ketua LPMK Kelurahan Tegalsari saat ditemui awak media mengatakan, bahwa bantuan dari warga Kelurahan Tegalsari yang di himpunnya adalah merupakan bantuan suka rela yang di kumpulkan melalui RT, dihimpun ke RW dan disetorkan ke Kelurahan untuk diketahui lurah.

“Jadi aksi sosial peduli korban erupsi Gunung Semeru ini digalang secara suka rela dari warga melalui ketua RT dan RW. Berapapun nilai uang yang di berikan ditampung dan semuanya akan di berikan langsung kepada korban disana (Lumajang),” jelas Kartiman menjelang persiapan keberangkatan menuju lokasi tujuan di Lumajang, Jawa Timur, di Balai Kelurahan Tegalsari, Jumat (28/1/2022).

Dari 13 RW yang ada di Kelurahan Tegalsari dapat terkumpul bantuan sebesar Rp 27.857.000, yang akan diserahkan secara langsung ke BPBD Kabupaten Lumajang, sebagai koordinator bantuan penanggulangan korban bencana erupsi Gunung Semeru.

“Malam nanti, Jumat (28/1/2022) kita akan berangkat ke Lumajang bersama Lurah Tegalsari, Sri Sumarni, S.Sos. M.A dan beberapa perwakilan ketua RW untuk menyerahkan bantuan secara langsung kepada koordinator penanggulangan bencana (BPBD) Kabupaten Lumajang,” ucap Kartiman.

Penyerahan bantuan yang akan di serahkan secara langsung ini, lanjutnya, adalah merupakan wujud empati sesama warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mengalami musibah bencana alam dan agar dapat menumbuhkan sikap kepedulian sosial kepada sesama anak bangsa.

Sementara itu Camat Candisari Moeljanto, SE, MM, sangat mengapresiasi dengan apa yang laksanakan oleh warga Kelurahan Tegalsari yang di koordinir oleh LPMK melalui Ketua RT dan RW setempat.

“Kami sangat terharu dan mengapresiasi atas apa yang dilaksanakan oleh LPMK Tegalsari bersama RT/RW. Dengan tergeraknya kesadaran masyarakat untuk bergotongroyong, menumbuhkan rasa kemanusiaan dan persaudaraan atas musibah yang menimpa saudara-saudaranya di lain tempat, tidak hanya di Kota Semarang saja, dengan menggalang bantuan untuk di serahkan kepada yang tertimpa musibah,” kata Moeljanto melalui telpon seluler, Jumat (28/1/2022).