Personil Satpol PP Wonosobo ketika melakukan operasi prokes Covid-19 di pusat permainan anak. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Guna mengantisipasi kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) Covid-19 menjelang Hari Raya Idul Fitri, Satuan Polisi PP Wonosobo menyambangi pusat perbelanjaan untuk mengecek penerapan prokes yang ada.

Kegiatan yang dilaksanakan pada siang hari tersebut menyasar toko serta pusat perbelanjaan yang biasanya ramai pengunjung pada saat menjelang lebaran. Karena sebelum lebaran banyak warga yang belanja ke pasar dan supermarket.

“Sasaran kegiatan kami kali ini yakni toko serta pusat perbelanjaan yang ada di wilayah kota Wonosobo, “terang Kasatpol PP, Haryono melalui Kabid Tramtibum, Hermawan Animoro ketika ditemui, Jumat (30/4).

Penerapan prokes Covid-19 yang dicek antara lain penggunaan alat cek suhu tubuh, fasilitas cuci tangan, penggunaan masker oleh pengunjung dan karyawan dan pengaturan jaga jarak antar pengunjung.

Dalam kegiatan tersebut, Tim Satpol PP mendatangi 53 toko dan masih menjumpai toko-toko yang belum menerapkan protokol kesehatan dengan benar.

“Dari sekitar 53 toko dan pusat perbelanjaan yang kami datangi sebagian besar sudah menerapkan prokes dengan benar. Namun masih terdapat 11 toko yang belum menerapkan prokes dengan benar,” imbuh Hermawan.

Masih Melanggar

Personil Satpol PP Wonosobo ketika melakukan operasi prokes Covid-19 di pusat perbelanjaan. Foto : SB/Muharno Zarka

Pemilik toko yang masih belum menerapkan prokes Covid-19 dengan benar kemudian diminta untuk menyempurnakan penerapan prokes sesuai peraturan yang berlaku.

“Kepada toko yang melanggar, kami hanya memberikan pembinaan secara lisan agar segera melengkapi prokes Covid-19 sesuai dengan aturan yang ada. Penjual pembeli harus pakai masker dan tersedia fasilitas cuci tangan,” tambahnya.

Disamping pusat perbelanjaan, Tim juga melaksanakan pemeriksaan protkes di pusat permainan anak yang biasanya ramai pada saat liburan setelah Idul Fitri,

“Selain pusat perbelanjaan, kami juga memeriksa prokes Covid di pusat permainan anak. Sebab arena permainan anak tersebut merupakan tempat yang sangat rentan terhadap penularan penyakit Covid-19,” imbuhnya.

Kegiatan ini dilaksanakan guna mencegah penyebaran virus Corona pada saat libur panjang dalam rangka perayaan Idul Fitri 1442 H. Apalagi, saat lebaran, sudah menjadi tradisi, mobilitas warga untuk ke luar rumah meningkat dan berpotensi terjadi kerumunan.

“Kami akan terus mengadakan monitoring penerapan prokes Covid-19 secara periodik. Sebagai salah satu upaya melindungi warga agar terhindar dari penyebaran penyakit Covid-19 saat libur lebaran mendatang,” pungkasnya.

Muharno Zarka