Kanal Monggo Lapor yang dikelola Diskominsta Kota Magelang menampung pengaduan, usulan, saran dan kritik dari masyarakat, (Dok Diskominsta)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang sedikitnya mengelola lima kanal pengaduan, informasi, usulan maupun aspirasi masyarakat.

Terdiri atas kanal yang memang dibuat oleh Pemkot Magelang, juga kanal dari Pemprov Jateng dan pemerintah pusat. Yaitu yang dimiliki Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

‘’Kami juga masih mengelola program ‘Mbangun Kota’ yang dikelola Radio Magelang FM milik Pemkot Magelang,’’ kata Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik, Suryantoro, kemarin.

Menurutnya, kanal yang dikelola Diskominsta antara lain Monggo Lapor, SP4N (Kemenpan RB), Mbangun Kota dan Lapor Gub (Pemprov Jateng).

Selain itu, ada juga kanal ‘Haloo Dok’.  Yang mengelola adalah admin Wali Kota Magelang. Menggunakan nama Haloo Dok karena, Wali Kota Muchamad Nur Azis adalah dokter spesialis penyakit dalam.

Kanal-kanal itu dibuat untuk mendekatkan pemerintah dari tingkat kota, provinsi maupun pemerintah pusat dengan masyarakat. Yang disampaikan melalui kanal-kanal itu berbagai macam.

Seperti program Mbangun Kota langsung dihubungkan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.  Program tersebut disiarkan hari Senin-Jumat pukul 13.30 – 16.00.

‘’Dengan dihubungkan ke OPD terkait, maka warga bisa interaksi langsung dengan instansi yang menanganinya,’’ katanya didampingi Kabid Komunikasi Informasi dan Publikasi (KIP) Syahrial Tabrani.

Kanal Monggo Lapor juga berisi informasi atau pengaduan masyarakat dan dijawab OPD Pemkot Magelang.

Antara lain masalah banjir, pohon tumbang, listrik padam, kebersihan berikut saran maupun kritik masyarakat dengan tujuan memperbaiki pelayanan maupun fasilitas kota.

‘’Jadi ada admin utama yang kemudian diteruskan ke admin OPD terkait. Misalnya aduan jalan rusak kapan diperbaiki langsung masuk ke Kantor DPU PR, air minum mati diteruskan ke admin PDAM. Maksimal empat hari sudah dilakukan perbaikan,’’ terangnya.

Selain itu, tambah mantan Kepala Dishub, pihaknya juga mengelola website Pemkot Magelang dan media sosial. Seperti twitter, whatsapp, instagram dan lainnya.

 

Penulis : prokompim/kotamgl

Editor   : Doddy Ardjono