Tim PkM USM dan karyawan UMKM Kampung Siri Wonodri berfoto bersama seusai pelatihan. dok

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Semarang (USM) memberikan pelatihan mengenai optimalisasi penjualan dengan memanfaatkan Instagram Bisnis kepada UMKM Kampung Siri Wonodri pada 6 April 2021.

Tim PkM USM terdiri atas Khoirudin M Eng, Edi Widodo MKom dan Henny Indriawati MKom. Kegiatan didanai Universitas Semarang.

”Kami memberikan pelatihan cara berpromosi lewat Instragram Bisnis agar UMKM Kampung Siri dikenal dan produknya terjual,” ujar Ketua Tim PkM USM, Khoirudin.

Menurutnya, para pelaku UMKM yang rata-rata anak muda ini perlu dikenalkan promosi lewat Instagram agar prospek UMKM Kampung siri Wonodri ke depan semakin bagus.

”Khususnya bagaimana cara melakukan promosi baik dengan cara gratis dengan memanfaatkan follow, comment dan like, serta promosi berbayar menggunakan Instagram Ads,” ungkapnya.

Dia mengatakan, Instagram merupakan media promosi yang sangat mudah, murah dan efektif serta dapat menghasilkan impact yang sangat bagus untuk penjualan.

Sementara itu Lurah Wonodri, Agus Santoso MT berterima kasih kepada Tim Pengabdian Universitas Semarang yang telah mengajari UMKM Kampung Siri. Dia berharap, ke depan UMKM Kampung Siri Wonodri lebih dikenal dan dapat meningkatkan penjualan produk Kampung Siri.

Salah satu peserta pelatihan, Yusuf Cahya Nugraha mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi UMKM Kampung Siri Wonodri karena selama ini dia dan teman-temannya merasa kesulitan dalam memasarkan produk.

”Selama ini kami melakukan promosi dengan cara konfensional dan dari mulut kemulut,” ujarnya.

Ryan