Mengajar anak suka menanam, ajarkan siswa cinta lingkungan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Untuk menumbuhkan kecintaan anak pada lingkungan hidup, Tim KKN Tematik Covid Kelompok 5 Unisnu Jepara telah mengajarkan cara bercocok tanam  pada anak usia dini. Sasarannya siswa  TK TA 03 di Desa Jerukwangi, Kecamatan Bangsri.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja mitra 1 dengan tujuan agar anak-anak usia dini bisa mengenal tumbuh-tumbuhan melalui cocok tanam. Kegiatan cocok tanam ini dilakukan di kebun samping gedung TK TA 03 Jerukwangi. Tumbuhan yang ditanam berupa tumbuhan jenis apotek hidup atau tanaman herbal seperti Jahe, Kencur, Kunyit, Kunci, dan Serai.

Mahasiswa, siswa dan guru yang tengah mengikuti pelatihan menanam.

Kegiatan ini bermaksud mengajarkan anak-anak usia dini untuk mengetahui manfaat juga kegunaan tanaman apotek hidup bagi kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan bercocok tanam ini dilakukan agar anak usia dini dapat belajar di luar kelas, supaya anak tidak bosan. “Semoga dengan upaya ini dapat bermanfaat bagi anak-anak, terutama dalam proses pembelajaran,” tutur Herlina, Kepala Sekolah TK TA 03 Jerukwangi.

Sementara Isnu selaku koordinator mitra mengatakan, dengan menanam tanaman herbal sangat cocok untuk dilakukan pada saat ini, karena di masa pandemi hasil apotek hidup yang ditanam nantinya bisa dimanfaatkan untuk membuat jamu, wedang, dan kunyit untuk pembelajaran mewarnai.

Oleh karena itu menurut Isnu,  kegiatan bercocok tanam ini selain untuk pembelajaran juga mengajak anak untuk lebih mengenal alam, merawat dan mencintai tanaman.

Hadepe – Dani Saputra