Anggota TNI-AD Koramil 13/Leksono Kabupaten Wonosobo, bersama warga membantu pengecoran jalan. Foto: Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Ratusan warga Desa Manggis Leksono, Kabupaten Wonosobo, melakukan pengecoran jalan desa sepanjang 500 meter. Jalan itu semula masih berupa tanah, sehingga sangat licin jika musim penghujan tiba.

Dalam pengecoran jalan itu juga dibantu sejumlah personel TNI-AD dari Koramil 13/Leksono. Selain itu, ada pula sejumlah warga yang ikut bahu-membahu melakukan kerja bakti.

Kepala Desa Manggis, Suyanto mengatakan, dana untuk pembelian material pengecoran jalan merupakan anggaran mandiri warga setempat. Setiap RT dan RW meminta iuran warga untuk pembangunan jalan.

BACA JUGA : Pembangunan Pasar Induk Wonosobo Telah Selesai

”Pihak Desa Manggis dan Pemkab Wonosobo belum dapat menyediakan anggaran untuk pengecoran jalan ini. Karena itu, warga berinisiatif sendiri untuk melakukan pembangunan jalan secara mandiri. Mudah-mudahan jalan yang baru dicor ini segera bisa dimanfaatkan,” kata Suyanto, Selasa (29/12/2020).

Ditambahkan dia, Pemerintah Desa Manggis belum bisa mengalokasikan anggaran, karena dana desa terbatas, dan masih banyak program pembangunan prioritas lain yang perlu didahulukan.

Sementara itu, Danramil 13/Leksono Lettu Inf Salman Turut menyampaikan, keterlibatan anggota TNI-AD dalam karya bakti ini, guna membantu masyarakat yang sedang membangun desanya.

Jalan yang dicor semula merupakan jalan tanah yang licin saat dilalui jika musim hujan tiba. Foto: Muharno Zarka

”Saya memerintahkan pada anggota TNI-AD, untuk membantu pengecoran jalan desa. Dengan semangat gotong-royong, pengecoran jalan akan cepat selesai, bisa menghemat biaya dan memperlancar roda pekonomian warga setempat,” tegasnya.

Karena masih dalam situasi pandemi global covid-19, pihaknya juga menghimbau pada warga, untuk memperhatikan protokol kesehatan saat melakukan gotong royong.

Muharno Zarka-Riyan