blank
Lima pelukis Kondang Kota Solo, menggelar aksi menyambut kemenangan Gibran Rakabuming Raka yang menang telak di Pilkada Solo 2020. Yakni dengan melukis profil putra Presiden Jokowi tersebut, dalam aneka gaya. Ada yang melukisnya ketika berpakaian Kejawen, dan yang tengah memakai masker merah putih.

SOLO (SUARABARU.ID) – Lima orang pelukis kondang Kota Bengawan (Solo) mengapresiasi kemenangan mutlak Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Kota Surakarta Tahun 2020. Kelima seniman kondang itu, terdiri atas Edy Sudarno, Wiryono, Chosaeri, Dwiatmo dan Bambang Is.

Gelar aksi seniman lukis ini, diprakarsai Presiden Republik Aeng-Aeng, Mayor Haristanto. Sebagai pemrakarsa, Mayor, yang dikenal sebagai tokoh kreatif penerima anugerah rekor dunia MURI ini, berharap, aksi ini dapat memantik kepedulian Calon Walikota Solo yang baru, Gibran Rakabuming Raka, untuk nantinya lebih peduli kepada keberadaan seniman di Kota Bengawan.

Kata Mayor, lokasi aksi Panca Seniman Kota Bengawan ini, mengambil tempat di koridor Budaya Ngarsopura, berlangsung Kamis 10.Desember 2020 atau sehari setelah digelarnya pesta demokrasi Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Solo, Rabu (9/12) lalu.

blank
Aksi lima seniman kondang Kota Bengawan, menyambut kemenangan mutlak Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020. Diantaranya ada yang melukis putra Presiden Jokowi ini, ketika tengah sungkem.

Profil Gibran
Dalam aksinya, kelima seniman kondang Kota Solo itu, menggambar profil Gibran yang putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini dengan aneka gaya dan beragam tampilan. ”Aksi ini, sekaligus untuk menyambut acara pelantikan Gibran menjadi Walikota Surakarta, yang rencananya akan dilaksanakan Tahun 2021,” jelas Mayor Haristanto.

Sebagaiamana diketahui, berdasarkan quick count, pasangan calon (Paslon) Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa, berhasil unggul secara telak atas lawannya, Bagyo Wahyono-FX Supardjo. Hasil quick count yang dibuat Lembaga Charta Politika, mencatat Gibran-Teguh meraih kemenangan sebesar 87,15 persen suara, sedangkan Bagyo-Supardjo 12,85 persen suara.

blank
Lima seniman kondang Kota Solo, menggelar aksi melukis profil Gibran Rakabuming Raka di koridor seni Ngarsopura, Solo. Aksi ini untuk menyambut kemenangan telak putra Presiden Jokowi pada Pilwalkot Surakarta 2020.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang ‘Pacul’ Wuryanto, di Semarang, mengumumkan, berdasarkan hasil quick count atau penghitungan cepat, partainya berhasil memenangi Pilkada 2020 di 17 dari total 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng).

Ke-17 kabupaten/kota di Jateng yang memenangi Pilkada, terdiri atas Kabupaten Boyolali, Kota Semarang, Kabupaten Grobogan, Kebumen, Sragen, Wonosobo, Kota Solo, dan Klaten. Kemudian Kabupaten Sukoharjo, Demak, Pekalongan, Wonogiri, berikut di Kabupaten Semarang, Purbalingga, Rembang, Blora, dan Pekalongan.

Bambang Pur