blank
Tim PKM Fakultas Ekonomi USM saat memberikan pelatihan peningkatan penjualan dan promosi berbasis digital produk UMKM, di Aula Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Semarang. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Semarang (USM), baru-baru ini memberikan pelatihan peningkatan penjualan dan promosi berbasis digital produk UMKM, di Aula Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Semarang.

Tim PKM USM terdiri dari Ketua Adhi Widyakto SE MM, anggota Dr Edy Suryawardana SE MM dan Susanto SE MM. Kegiatan ini melibatkan dua mahasiswi Fakultas Ekonomi USM, Sabilla Syabrina Josivo dan Putri Regina.

Dalam keterangannya Adhi mengatakan, tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan anggota kelompok, dalam mengelola serta membina UMKM, serta mengatasi lambatnya pemasaran produk.

BACA JUGA: Tim PKM USM Beri Pelatihan Teknologi ‘Internet of Things’ di SMA Sint Louis

”Selain itu juga, mengembangkan proses link and match antara perguruan tinggi, UKM, pemerintah dan masyarakat. Kami juga membantu mengoptimalkan pemasaran produk mereka, melalui pelatihan pemasaran digital,” katanya.

Menurut dia, pihaknya memberikan pengetahuan mengenai pengembangan strategi pemasaran produk, meliputi segmentasi pasar, branding, tema dan konsep produk, kemasan, variasi produk serta teknik promosi atau proses pemasaran onlinenya.

”Semua itu untuk dapat mengoptimalkan produktivitas usaha dan pemasaran produknya. Pelatihan ini ternyata juga mendapat respons positif dari peserta,” ungkapnya.

Riyan