blank
Yusuf Manggala Adityatama. Foto: Dok/Pribadi

Hingga pada tahun 2017-2018, dia merasa ingin explore depan kamera. Yus pun sempat menjadi presenter di Inews TV. Sampai sekarang dia terus menyalurkan kemampuannya di dunia entertainment mulai menjadi MC pada acara debat, acara pemerintahan, gathering, hingga wedding.

Dengan kesibukannya ini tentu Yus harus pintar membagi waktu. “Puji Tuhan, saya berada di tengah-tengah banyak orang yang mensupport, baik pimpinan maupun teman, mereka semua menghargai kemampuan yang saya miliki,” katanya.

Saat diberi pilihan harus memilih salah satu, tetap menjadi seorang PNS atau terjun di dunia entertainment, Yus mengaku ingin memilih kedua-duanya. Namun kalau harus memilih satu, ia lebih memilih menjadi PNS. PNS menurutnya juga ada jenjang kariernya. Dengan menjadi PNS, dia masih bisa menekuni dunia entertainment di luar jam kerjanya sebagai PNS.

“Karena orang itu kan ada masanya, ada waktunya. Kalau badan saya sudah tak segar lagi, seiring berjalannya waktu juga makin menua, di dunia entertainment pasti kita tak dibutuhkan lagi. Kita juga memberikan kesempatan untuk adek-adek yang akan menggantikan saya,” ujar Yus.

Dan pada saat-saat seperti itu, ia berharap masih bisa menciptakan lapangan kerja seperti WO, EO dan juga kelas publik speaking yang bermanfaat bagi banyak orang.

Yus yang cinta kebersihan ini mengaku memiliki hobi ketemu banyak orang, main musik, keyboard, piano, traveling dan naik gunung. Ia juga menyempatkan diri untuk berolahraga dua hari sekali.

Ia berpesan kepada anak muda, jangan jadi generasi muda yang gampang sakit hati dan baper. “Kritik, saran dan komentar orang sangat kita butuhkan untuk meloncat lebih tinggi lagi. Satu lagi, jangan membandingkan diri kita dengan orang lain,” imbuhnya.

Ning S