blank
Roberto Mancini. Foto: dok/rm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Jelang laga Timnas Indonesia kontra Arab Saudi di putaran ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, muncul kabar menarik. Disebutkan, Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF), baru saja membuat keputusan penting.

Pada Jumat (25/10/2024) dini hari WIB, SAFF resmi memecat Roberto Mancini dari kursi pelatih Timnas Arab Saudi. Sebenarnya keputusan ini bisa dibilang tidak lagi mengejutkan. Masa depan Mancini memang diragukan, setelah serangkaian hasil minor pada laga-laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Arab Saudi hanya sekali menang, dari empat laga yang telah dimainkan, yakni 2-1 lawan Cina. Selain itu, hubungan Mancini dengan fans makin memburuk. Dia marah pada fans Arab Saudi, usai imbang 0-0 lawan Bahrain.

BACA JUGA: Manusia Gol, Manusia Rekor

Yang menarik dari keputusan ini, siapa yang akan menggantikan Mancini, saat Arab Saudi bertandang ke markas Indonesia, pada 19 November 2024 mendatang.

Sebelumnya diberitakan, Roberto Mancini ditunjuk sebagai pelatih Arab Saudi, pada Agustus 2023 lalu. Dia diharapkan bisa menularkan sukses Italia saat juara Euro 2020, ke Arab Saudi. Namun harapan itu ternyata jauh dari kenyataan.

”Dewan Direksi Federasi Sepak Bola Saudi dan pelatih tim nasional, Roberto Mancini dari Italia, hari ini telah mencapai kesepakatan bersama, yang mencakup pengakhiran hubungan kontraktual,” tulis situs resmi SAFF.

BACA JUGA: Si Putih Kehilangan Dua Pemain Pilar sebelum El Clasico

Dewan Direksi juga memberikan apresiasi kepada Roberto Mancini, dan mendoakan yang terbaik untuk kelanjutan kariernya. ”Semoga sukses dalam karirrnya. Dewan Direksi juga memastikan, nama pelatih timnas selanjutnya akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan, setelah menyelesaikan prosedur kontrak final dan resmi,” sambung SAFF.

Di bagian lain, Arab Saudi dilaporkan juga sudah menyiapkan tiga nama lain untuk menjadi pengganti Roberto Mancini. Salah satunya Herve Renard, yang merupakan pelatih Arab Saudi di Piala Dunia 2022 lalu.

Herve Renard merupakan sosok penting di sepak bola Arab Saudi. Dia sudah kenal para pemain Arab Saudi. Di Piala Dunia 2022 lalu, Herve Renard membawa Arab Saudi menang 2-1 lawan Argentina.

Selain Herve Renard, ada nama Ramon Diaz, yang juga diklaim jadi kandidat pelatih Arab Saudi. Bahkan yang paling fenomenal, Arab Saudi diklaim tengah mendekati Zinedine Zidane.

Riyan