blank
Alumni SMA Negeri 1 Wonosobo generasi 80-an yang kini usianya sudah di atas 60 tahun sedang berjalan di Puncak Gunung Tidar. Fot: Nano

Hari dalam beberapa hari ini, selama dilaksanakan pembekalan bagi para menteri dan pembantu presiden lainnya, kawasan ini tertutup untuk umum. Setelah semuanya usai, tentu terbuka kembali.

Untuk naik ke puncak Gunung Tidar, pengunjung juga tidak perlu bersusah payah seperti mendaki gunung pada umumnya. Ya, karena kini sudah tersedia tangga dari bawah sampai ke puncak, yang kalua dihitung anak tangganya berjumlah 1.002.

Sehingga tak mengherankan bila banyak para adiyuswa atau orang lanjut usia banyak yang mendaki sampai puncak.

Jadi, berwisata murah itu bisa dilakukan dengan naik Gunung Tidar. Sambil berolahraga jalan meniti tangga beton, menikmati kesejukan udara dengan hutan pinus yang menghijau, dan kawanan kera ekor panjang atau Macaca fascicularis yang menemani kita di perjalanan.

Sering kita jumpai, monyet-monyet ini seakan menyambut wisatawan yang datang di awal jalan masuk menuju tangga. sering pula, monyet-monyet ini sampai ke lokasi parkiran kendaraan.

Dan, ketika kita meniti tangga beton, tentu banyak kita jumpai primata ini. Tetapi jangan takut, tenang saja, asal tidak diganggu mereka juga tidak mengganggu.

Wisata Murah

Disebut wisata murah, karena untuk masuk Kawasan Kebun Raya Gunung Tidar hanya ditarik ongkos Rp 5.000 per orang mulai 1 Januari 2024. Kemudian tarif parkir untuk sepeda motor Rp 3.000, mobil Rp 5.000, bus Rp 10.000. Sangat jurah bukan?