blank
Kera ekor panjang (Macaca fascicularis) fauna yang menyambut para pendaki Gunung Tidar. Foto: R. Widiyartono

MAGELANG (SUARABARU.ID) –Tidar, nama ini banyak disebut hari-hari ini. Ya, para Menteri, Wakil Menteri, dan para pejabat yang baru saja dilantik Presiden Prabowo Subianto saat ini sedang berada di Magelang.

Mereka dibawa ke kompleks Akademi Militer di Kawasan Gunung Tidar. Para pembantu presiden ini mengikuti pembekalan, atau dalam bahasa yang lebih ekspresif penggemblengan untuk bekal menjalankan tugas sebagai pembantu presiden, membawa Indonesia ke depan menjadi jauh lebih baik.

Kenapa Tidar? Ya, Presiden Prabowo yang lulusan Akmil tentu punya pertimbangan tersendiri. Dia yang semasa taruna digembleng di sini, kemudian ingin mengulang gemblengan itu di candradimuka para prajurit di Lembah Tidar ini.

Mitos yang menyebut bahwa bukit yang ada di kota Magelang ini adalah paku Tanah Jawa sudah dikenal sejak lama. Kemudian yang juga penting adalah, di Gunung Tidar ini ada Akademi Militer yang menghasilkan para perwira, para jenderal, para pemimpin bangsa. Setidaknya sudah ada dua lulusan Akmil yang jadi presiden yaitu Susilo Bambang Yudhoyono dan Prabowo Subianto.

Gunung Tidar selain tidak asing namanya, lokasinya juga gampang ditemui. Siapa pun yang melintasi Kota Magelang, akan dengan gampang menemukan Gunung Tidar ini. Bagi yang dari Jogja ke Semarang atau sebaliknya, akan melewatinya. Atau yang dari Semarang menuju Purworejo, juga gampang menemuinya.

Ya, karena keberadaan bukit berketinggian 503 meter di atas permukaan laut dan luas luas 701.674 m², sangat menonjol di kota Magelang yang relatif datar. Maka, siapa pun yang lewat kota Magelang pasti bisa memandang Gunung Tidar.

blank
Ibu-ibu pun dengan santai mendaki Gunung Tidar. Di jalan setapak yang berupa tangga mereka berhenti berfoto. Foto: Widiyartono R

Gunung Tidar tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Akademi Militer. Dipastikan, para jenderal di negeri ini, terlebih dari TNI AD pasti pernah mendaki sampai puncak bukit ini. Ya, karena Tidar merupakan arena latihan bagi para taruna Akmil.

Kawasan Terbuka

Meski berada di Kawasan militer, Gunung Tidar bukanlah kawasan tertutup. Gunung Tidar yang semula berstatus hutan kota sejak tahun 2021 ditetapkan sebagai Kebun Raya. Dan, siapa pun boleh mengunjungi dan mendakinya sampai puncak.