blank
Ilustrasi tips minum kopi sehat dan nikmat. Foto: Ning S

Selain itu minum kopi berlebihan juga dapat menyebabkan diare, cemas, jantung berdebar-debar, insomnia hingga nyeri perut. Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Advances in Nutrition, disebutkan bahwa konsumsi kafein sebaiknya tidak melebihi 2.5 mg/kgBB/hari.

Jadi, batas minum kopi dalam sehari yaitu 4-5 cangkir kecil (setara dengan 400 mg kafein) dalam sehari. Itu pun jika kamu tidak memiliki riwayat kesehatan tertentu, ya. Bila kamu punya riwayat hipertensi, penyakit jantung, atau kondisi lainnya, kamu harus konsultasi dulu ke dokter soal batas aman minum kopi.

Lalu, untuk ibu hamil tentu saja tidak sama takarannya seperti orang dewasa pada umumnya. Ibu hamil dianjurkan tidak minum kopi lebih dari dua cangkir. Namun, lagi-lagi kamu sebaiknya konsultasi ke dokter supaya lebih pasti soal takaran amannya.

7. Hindari minum kopi dengan perut kosong
Apakah kamu termasuk yang memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari sebelum sarapan atau bahkan kopi menjadi pengganti sarapan? Hati-hati, kopi bersifat asam sehingga dapat merangsang peningkatan asam lambung dan mencetuskan keluhan nyeri ulu hati.

Solusinya jika kamu memiliki riwayat sakit mag, sebaiknya hindari minum kopi berlebihan. Sebaiknya kamu tidak minum kopi saat perut kosong, kamu bisa makan dulu sebelum ngopi.

8. Racik kopi menggunakan kertas filter
Seduhan kopi mengandung senyawa cafestol yang dapat meningkatkan kolesterol. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan filter (berupa kertas khusus). Walaupun tidak semua senyawa tersebut bisa terfilter secara maksimal, filter kertas ini cukup efektif untuk mengurangi jumlah cafestol. Kamu yang punya riwayat penyakit hipertensi, diabetes, dan pengentalan darah tinggi sebaiknya hindari minum kopi karena kandungan cafestol.

9. Minum kopi tanpa susu atau pilih alternatif susu
Mengonsumsi kopi tanpa susu adalah pilihan baik. Namun, jika ingin menambahkan susu, pilihlah susu rendah lemak atau susu nabati seperti almond atau kedelai. Susu rendah lemak memiliki lebih sedikit lemak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung.

10. Coba cold brew coffee
Kamu salah satu penggemar kopi hitam? Kalau begitu, kamu bisa coba cold brew sebagai pilihan kopimu. Cold brew coffee adalah alternatif yang menyegarkan, terutama saat cuaca panas. Studi dalam Scientific Reports menunjukkan bahwa cold brew coffee memiliki kadar asam yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi panas, sehingga lebih lembut bagi lambung.

11. Berhenti konsumsi ketika tidak nyaman
Jika merasa tidak nyaman setelah minum kopi, seperti jantung berdebar atau cemas, pertimbangkan untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi kopi. Setiap orang merespons kafein dengan cara yang berbeda. Jadi, pastikan kamu peka dan bisa mendengar ‘alarm’ dari tubuh kamu.

12. Jaga asupan cairan tubuh
Penting untuk tetap terhidrasi saat mengonsumsi kopi. Kafein dalam kopi memiliki efek diuretik yang dapat menyebabkan kehilangan cairan. Pastikan untuk minum air putih yang cukup sepanjang hari untuk menjaga keseimbangan cairan.

Ning S