Orang berjualan di kawasan Alun-alun Salatiga, menjadi daya tarik pengunjung untuk nongkorng dan jajan. Foto: Umbu Franklyn

SALATIGA ( SUARABARU.ID) –Alun-Alun Pancasila Salatiga kini menjadi salah satu ikon wisata baru yang semakin digemari masyarakat, khususnya di malam akhir pekan. Setiap Sabtu dan Minggu malam, ratusan pengunjung kota Salatiga memadati kawasan yang berada di Tengah kota ini.

Alun-alun ini selesai renovasi pada 2019,  dan kini hadir dengan wajah baru yang lebih bersih, asri, dan nyaman, menjadikannya pusat keramaian yang tak pernah sepi.

Menjelang sore, alun-alun mulai dipenuhi oleh warga yang berolahraga, baik jogging, bersepeda, ataupun sekadar menikmati sore di sekitar bundaran Alun-Alun Pancasila. Suasana semakin semarak menjelang malam, terutama di akhir pekan, meskipun lalu lintas di sekitarnya sering kali mengalami kepadatan akibat banyaknya pengunjung yang datang.

Puncak keramaian biasanya terjadi pada malam-malam spesial seperti pergantian tahun. Ratusan orang tumpah ruah memenuhi alun-alun, menikmati suasana malam sambil berjalan santai, berbincang bersama teman dan keluarga, hingga bernyanyi ditemani gitar di bawah gemerlap lampu kota.

Pedagang kaki lima (PKL) turut meramaikan suasana dengan aneka jajanan dan barang dagangan, mulai dari buah-buahan, mainan anak, hingga nasi goreng,bakso di angkringan dan lain- lainnya.

Giant letter ‘Alun-alun Salatiga” menjadi ikon khas kawasan ini. Foto: Umbu Franklyn

Keunikan Alun-Alun Pancasila semakin terasa dengan hamparan rumput hijau yang tetap terjaga, memberikan kesan sejuk bahkan di malam hari.

Hawa sejuk khas Salatiga yang menusuk pun tidak menjadi penghalang, karena ada makanan yang hangat serta minuman hangat dan jagung rebus yang siap menghangatkan para pengunjung.