Kamaruddin Amin (kanan) menyambut baik kedatangan Imam Masjid Nabawi, Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi, di Indonesia. Foto: dok/kemenag

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin mengatakan, pihaknya menyambut baik kedatangan Imam Masjid Nabawi, Arab Saudi, Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi. Imam Masjid Nabawi itu melakukan kunjungan resmi ke Indonesia, mulai Senin-Jumat (7-11/10/2024).

Menurut Kamaruddin, kunjungan itu merupakan bagian dari kerja sama bilateral yang selama ini telah berjalan baik dan aktif. Kerja sama itu terjalin antara Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Kerajaan Arab Saudi dengan Kemenag Republik Indonesia.

”Kedatangan yang mulia Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi ini, untuk memperkuat kerja sama di bidang dakwah dan urusan Islam,” kata Kamarudin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/10/2024).

BACA JUGA: Kemenag Terima Penghargaan sebagai Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2024

Kerja sama itu, imbuhnya, juga mencakup peran umat Islam dalam kemajuan peradaban regional maupun global. Disampaikan juga, hal ini juga penting untuk mengaktualisasikan nilai-nilai ajaran Islam bagi perdamaian dunia.

”Islam mengajarkan cinta, kasih sayang, perdamaian dan keadilan. Itulah nilai-nilai yang akan terus kita gaungkan dalam kerja sama ini,” harap Kamaruddin.

Dikabarkan pula, salah satu agenda utama yang akan diikuti Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi yakni, pertemuan dengan ulama-ulama besar Indonesia, untuk berdiskusi mengenai penguatan dakwah Islam di era modern.

”Kehadirannya ini tentu akan menjadi momentum berharga bagi umat Muslim Indonesia, untuk meningkatkan persatuan dan persaudaraan sesama Muslim dan sesama bangsa,” tegas Kamaruddin.

Riyan