Jajaran Divpropam Mabes Polri berfoto bersama dengan jajaran Pomdam IV/Diponegoro, usai berkoordinasi jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Foto: dok/divpropam

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Supervisi Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Mabes Polri, turun langsung ke Polda Jawa Tengah, untuk memastikan netralitas para anggota, jelang pelaksanaan Pilkada 2024.

Tim Supervisi Divpropam Mabes Polri yang hadir pada Senin (7/10/2024) itu, dipimpin Kombes Pol Rahmat Budi Handoko. Kedatangannya disambut Kabid Propam Polda Jateng, Kombes Pol Aris Supriyono, beserta pejabat utama Bidpropam.

Dalam arahannya, Kombes Pol Rahmat Budi Handoko menyebut, selain sebagai kegiatan rutin, supervisi dilaksanakan untuk memastikan kepatuhan anggota terhadap peraturan yang berlaku, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

BACA JUGA: Ungkap Kasus Tabrak Lari, 6 Personel Satlantas Terima Penghargaan

”Supervisi ini dilakukan tidak hanya untuk memantau kinerja, tetapi juga memastikan seluruh personel tetap menjunjung tinggi netralitas. khususnya dalam tugas pengamanan Pilkada Serentak 2024 di Jawa Tengah,” kata Kombes Pol Rahmat, dalam keterangannya.

Dia juga mengingatkan seluruh personel Polri di Jateng, agar bijak dalam menggunakan media sosial (medsos). Dalam konteks Pilkada, penggunaan medsos yang tidak tepat, dapat mencederai citra institusi dan mengganggu netralitas.

”Kedisiplinan sangat penting dalam menjaga citra institusi. Terutama terkait penggunaan medsos,” tegasnya.

BACA JUGA: Pemprov Jateng dan Jabar Jalin Kerja Sama Pengembangan Wilayah Perbatasan

Ditegaskan juga, pihaknya tidak akan ragu untuk menindak tegas setiap pelanggaran yang dilakukan personelnya. Baik yang menyangkut pelayanan publik, maupun pelanggaran netralitas.

Selain itu, sinergi antara Polri dengan lembaga terkait, seperti TNI, KPU dan Bawaslu juga harus terus dipelihara. Ini guna mencegah potensi konflik antar-institusi, selama Pilkada Serentak 2024 digelar.

Tim Supervisi juga melakukan sidak dan pengecekan terhadap beberapa fasilitas di Mapolda. Seperti ruang tahanan, ruang sidang dan ruang Patsus (Tempat Penahanan Khusus).

BACA JUGA: Lusia Indah Artani dari PDI Perjuangan Ditetapkan Jadi Ketua DPRD Grobogan

Tidak hanya mengunjungi Mapolda Jateng, mereka juga mengunjungi Markas Polisi Militer Kodam (Pomdam) IV/Diponegoro. Kunjungan itu disambut baik Danpomdam IV/Diponegoro Kolonel Cpm Parlindungan Marpaung, beserta jajarannya.

Dalam pertemuan itu, kedua institusi sepakat untuk menjaga soliditas dan sinergitas antara TNI dan Polri, dalam upaya menjaga stabilitas keamanan di Jateng.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan penyerahan bantuan dari Divpropam Polri, berupa 100 paket bansos kepada para penyandang disabilitas, warga kurang mampu dan tuna wisma, di sekitar Gang Amanda, yang berlokasi di bawah jembatan layang Kawasan Tanjung Emas Kota Semarang.

Riyan