Ratusan jamaah hadir di acara USM Bershalawat, yang digelar di halaman Gelora Prof Sudarto SH, Sabtu (28/9/2024). Kegiatan itu dihadiri Pengasuh Ponpes Daarul 'Ilm Kota Semarang, Al Habib Muhammad bin Farid Al Muthahar. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ratusan jamaah menghadiri USM Bershalawat bertajuk ‘Dengan Hati, Membentuk Generasi yang Cerdas, Bermoral dan Berprestasi’, di halaman Gelora Prof Sudarto SH, Universitas Semarang (USM), Sabtu (28/9/2024).

Kegiatan itu dihadiri Pengasuh Pondok Pesantren Daarul ‘Ilm Kota Semarang, Al Habib Muhammad bin Farid Al Muthahar. Selain itu, ada juga Al Habib Ali Zainal Abidin Segaf Assegaf dan Majelis Az-Zahir dari Pekalongan, Dr KH M In’amuzzahiddin MA dari Pedurungan, dan Pengasuh Pondok Pesantren Girikusumo, Mranggen KH Munif Zuhri, yang diwakili Gus Dr Jaffar.

Dari USM hadir antara lain Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir. Soeharsojo IPU, jajaran Pengurus dan Pengawas Yayasan Alumni Undip, Rektor USM Dr Supari ST MT, beserta jajaran pejabat struktural USM.

BACA JUGA: DePA-RI Dukung Penyesuaian Gaji Hakim pada Pemerintahan Prabowo Subianto

Dalam sambutannya, Rektor Supari mengatakan, kegiatan itu diselenggarakan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW, dan menyambut kehadiran mahasiswa baru USM tahun akademik 2024/2025.

”Kami selalu pimpinan universitas menyampaikan maaf, apabila dalam pelaksanaan acara ini terdapat hal-hal yang masih kurang. Dan kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya,” katanya.

Sementara itu, Al Habib Ali Zainal Abidin Segaf Assegaf berharap, jamaah yang hadir dalam kegiatan USM Bershalawat, dapat dimudahkan segala urusannya oleh Allah SWT.

BACA JUGA: Peleton Skanja Raih Gelar Juara Pertama Lomba Piala Panglima

”Terutama hajat dari keluarga besar USM. Mudah-mudahan semua hajat, keinginan, dan niatnya dimudahkan serta dikabulkan Allah SWT. Semoga USM semakin sukses, berkembang dan semakin memberikan manfaat, khususnya untuk masyarakat yang ada di Semarang dan umumnya semua masyarakat di Indonesia,” ujar Habib Abidin.

Tak hanya shalawat, kegiatan itu diisi tausiyah dari Pengasuh Ponpes Daarul ‘Ilm Kota Semarang, Al Habib Muhammad bin Farid Al Muthahar mengungkapkan, untuk tidak ragu kuliah di USM, ketika mendapatkan tawaran beasiswa.

”Di USM ada semuanya, radio punya, TV juga punya. Kampus komplet, ada jenjang S1, S2, dan Insya Allah habis ini ada S3. Ini berkahnya shalawat. Semoga apa saja hajatnya bisa dimudahkan,” tegasnya.

BACA JUGA: Gus Yusuf Gelar Road Show, Gas Pol Menangkan Luthfi-Yasin

Menurut dia, ini menunjukkan USM bukan hanya memerhatikan ilmu-ilmu yang ada di fakultas, tapi juga memerhatikan pendidikan moral dan mengenalkan Rasulullah SAW, yang menjadi tauladan semua umat.

Hal senada disampaikan Dr KH M In’amuzzahiddin MA. Dia berharap, melalui kegiatan USM Bershalawat ini, dapat menjadi bagian dari rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

”Semoga datangnya kita di USM dalam majelis shalawat ini, menjadi bagian dari rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga hajatnya USM terkabul, dan semoga penerimaan mahasiswa baru bisa sesuai target, bahkan bisa melampaui target,” harap Gus In’am.

Kegiatan ini sendiri diikuti ratusan jamaah, yang memadati kampus USM mulai dari halaman GOR USM, hingga halaman Auditorium Ir Widjatmoko dan Auditoriun Gedung Menara USM. Para jamaah, baik anak-anak hingga orang dewasa, begitu antusias mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir acara.

Riyan