Foto bersama Duta Genre 2024 Kota Magelang. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
Malam Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Genre Kota Magelang 2024 sukses digelar. Acara yang berlangsung di Gedung Wanita Kota Magelang itu, menjadi ajang unjuk bakat bagi para finalis Duta Genre.

Mereka menampilkan berbagai pertunjukan menarik mulai dari tarian, musik, pertunjukan busana hingga orasi inspiratif.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi dan kreativitas generasi muda serta meningkatkan kesadaran tentang pentingnya perencanaan hidup. Para Duta Genre diharapkan dapat menjadi role model bagi teman-teman sebayanya.

Ketua Penyelenggara Apresiasi Duta Jambore Ajang Kreativitas Genre Kota Magelang 2024, Adi Panca Rahman menjelaskan, untuk pertama kali Forum Duta Genre Kota Magelang menggelar apresiasi Duta Genre, yang ditambah dengan Jambore Ajang Kreativitas Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Kota Magelang.

“Materinya Duta Genre di antaranya tentang Forum Duta Genre, stunting, public speaking, kepribadian dan lainnya. Untuk PIK-R ada lomba cerdas cermat, lomba mading, outbond, malam apresiasi dan jambore,” papar Adi.

Para peserta atau finalis Duta Genre telah melalui seleksi ketat selama sebulan, sejak 5 Agustus 2024 – 7 September 2024. Dimulai dari pemberkasan, tes tertulis, wawancara, sampai terpilih 15 pasang putra dan putri Finalis Duta Genre dan 10 PIK-R.

Finalis terbaik yang terpilih akan mewakili Kota Magelang ke ajang serupa tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Tim Kerja Akses Kualitas Layanan KB dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Agus Pudjianto menerangkan, Duta Genre dan PIK-R merupakan pembinaan langsung dari BKKBN yang bertujuan sebagai wadah para remaja Indonesia saling berkomunikasi hal positif, menyalurkan minat dan bakat.

“Kalau melihat berita terbaru, di Sumut ada 4 anak siswa SMP yang diperkosa dan bunuh temannya. Hal-hal itu yang perlu diantisipasi. Hal seperti ini yang akan kita carikan semacam tameng, dan tentu teman-teman Duta Genre diharapkan tidak terlibat,” ujarnya.

Kegiatan ini menjadi sarana komunikasi antar teman untuk kegiatan positif. PIK-R ajang untuk menghindari pernikahan usia dini/anak, seks bebas, bahaya narkoba. Tiga hal itu yang dilakukan di PIK-R itu tujuannya agar remaja Indonesia tidak masuk lingkaran masalah itu.

Kepala DPMP4KB Nasrodin, saat membacakan sambutan tertulis Wali Kota Magelang, dr H Muchamad Nur Aziz, mengungkapkan, program genre adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda.

Program genre merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini saya berpesan, siapapun nanti yang memenangkan ajang ini, menjadi Duta Genre jangan hanya formalitas. Dan untuk semuanya juga mari terus perkaya diri, dan sebarkan program- program genre. Ikut berkontribusi langsung di masyarakat, untuk Kota Magelang maju, sehat, bahagia dan Indonesia Emas di tahun 2045,” pesannya.

Berikut yang tampil sebagai pemenang:

Juara 1
– Muhamad Royyan Andrewin
– ⁠Stella Gita Auerella

Juara 2
– Dava Ibrahim kalevi
– ⁠Hilwa Alya Dalilah

Juara 3
– Muhammad Rasyya Wicaksono
– ⁠Keisha Visaliany Wibowo

Harapan 1
– Dhinasthi Wiji Susanto
– ⁠Queeneta Cantika Herza

Harapan 2
– Naufalio lingsang sahasikha
– ⁠Husna An Naafi’

Harapan 3
– Amar Muhamad Chalifah Ganz
– ⁠Sri Nada Adiati Kusumasari

Berbakat
– Tegar Muhammad Brimob
– ⁠Siera Geal Azzura Eleanoor

Favorit
– Hanif Thaariq Atsar
– ⁠Meydi Adelia Shella Liu

Influencer
– Muhamad Arif
– ⁠Natasya Aurelia Cahya Herawan
(prokompimkotamgl)