Ilustrasi gigitan nyamuk penyebab DBD. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Cuaca yang tidak menentu memicu berkembangnya berbagai penyakit, salah satunya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Data dari Kementerian Kesehatan RI menunjukkan adanya 16.000 kasus DBD di 123 kabupaten dengan 124 kematian di Indonesia per 1 Maret 2024 lalu.

Tingginya kasus DBD di Indonesia saat ini, cara-cara jitu mencegah DBD sangat dibutuhkan agar tidak semakin bertambah lagi korban jiwa akibat penyakit DBD.

Melansir dari Kemenkes, DBD merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai, karena mampu menyebabkan kematian bagi penderitanya. DBD disebabkan oleh infeksi virus dengue akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang banyak berkembangbiak di negara tropis dan sub tropis, seperti indonesia.

Gejala-gejala DBD

Saat terinfeksi virus DBD, gejalanya biasanya baru muncul 4-10 hari kemudian, seperti demam tinggi hingga 40 derajat Celcius, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, sakit di bagian belakang mata, serta ruam atau bintik merah pada kulit.

Saat demam mereda, tak selalu berarti DBD sudah sembuh. Sebaliknya, dalam kasus-kasus tertentu demam berdarah justru bisa menjadi lebih parah atau memasuki fase kritis, dimana pembuluh darah mengalami kebocoran, yang dapat menimbulkan perdarahan pada kulit dan organ lainnya.

Kerusakan pada pembuluh darah akan membuat trombosit (keping darah) dalam aliran daran menurun, yang mengakibatkan perdarahan internal, kerusakan organ, sindrom syok dengue, bahkan kematian. Syok pada DBD atau Dengue Shock Syndrome (DSS) terjadi jika penderita DBD terlambat ditangani atau kurang waspada terhadap tanda-tanda syok dini.

Oleh karenanya, waspadai gejala-gejala yang merupakan tanda peringatan keadaan darurat seperti, sakit kepala, muntah tanpa henti, mimisan atau perdarahan dari hidung, gusi berdarah, darah dalam tinja atau urin, darah dalam muntahan, sesak napas, serta  lelah, lesu dan gelisah.

Cegah DBD dengan 3M Plus

Penyebab utama penyakit demam berdarah adalah kurangnya kebersihan lingkungan. Oleh karenanya, salah satu cara mencegah DBD yang paling efektif adalah dengan melakukan 3M Plus, antara lain:

1. Menguras, merupakan kegiatan membersihkan dan menguras tempat-tempat penampungan air, seperti bak mandi, toren air, bak penampung air dan lainnya yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk. Gosok dan bersihkan semua dinding bak hingga bersih, terutama saat musim hujan dan pancaroba, karena jentik dan telur nyamuk dapat bertahan di tempat kering hingga 6 bulan.

2. Menutup, tutup rapat-rapat semua tempat penampungan air dan kubur barang-barang bekas di dalam tanah, agar tidak mengotori lingkungan dan menjadi sarang nyamuk.

3. Mendaur Ulang, memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang bernilai ekonomis. Limbah barang bekas yang tidak didaur ulang berpotensi menjadi sarang nyamuk.