Ilustrasi kurang tidur. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Lambung merupakan organ otot yang terletak di sisi kiri perut bagian atas. Lambung menerima makanan dari kerongkongan. Saat makanan mencapai ujung kerongkongan, ia memasuki perut melalui katup otot yang disebut katup kerongkongan bawah. Lambung mengeluarkan asam dan enzim yang mencerna makanan.

Penyakit asam lambung atau GERD merupakan kondisi ketika mengalami rasa seperti ada makanan mengganjal di kerongkongan diikuti rasa panas terbakar. Di kalangan awam, GERD seringkali dianggap sama dengan maag karena kemiripan gejalanya yang sama-sama melibatkan organ lambung.

Gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya meliputi terlalu banyak makan, terlalu banyak minum, intoleransi terhadap makanan, atau meminum pil saat perut kosong.

Baca Juga: Ini Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung Aman Dikonsumsi

Melansir dari laman halodoc.com, gangguan lambung bisa pula disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan harian yang tanpa disadari dapat memicu munculnya rasa tidak nyaman pada lambung atau nyeri pada sekitar perut.

Gangguan lambung juga memiliki beberapa jenis atau varian. Mulai dari maag, dyspepsia, GERD dan beberapa penyakit lambung lainnya. Ironisnya, beberapa orang seringkali mengabaikan gangguan lambung tersebut.

Padahal, kondisi gangguan lambung yang kronis dapat memicu kondisi kesehatan lainnya yang berakibat fatal. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 kebiasaan harian yang bisa berisiko memicu gangguan pada lambung.

Baca Juga: Ini Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung Aman Dikonsumsi

1. Pola Makan Tidak Sehat

Salah satu penyebab seseorang mengalami gangguan lambung adalah dari konsumsi makanan atau pola makan yang kurang sehat.

Melansir dari artikel berjudul “7 Bad Eating Habits That Cause Indigestion, Acid Reflux and Stomach Bloating”, gemar mengonsumsi makanan tinggi gula semacam junk food juga berisiko meningkatkan gangguan lambung. Makanan junk food umumnya tinggi gula dan garam, namun cukup rendah nilai nutrisi.

Selain itu, memakan makanan tinggi lemak setiap hari juga berisiko mengganggu sistem pencernaan yang menyebabkan penumpukan gas dalam saluran pencernaan. Memakan makanan dengan durasi cepat dan jumlah yang terlalu banyak juga berisiko menimbulkan beragam gangguan pada lambung seperti perut kembung atau maag.

Baca Juga: Lima Makanan yang Wajib Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

2. Kurang Minum dan Konsumsi Serat Pangan

Beberapa orang mungkin akan mengabaikan mengonsumsi air dengan jumlah yang dianjurkan dan tidak terlalu menyukai memakan sayuran ataupun buah-buahan. Padahal kedua makanan tersebut sangat diperlukan oleh sistem pencernaan karena mengandung banyak air dan serat yang baik bagi tubuh.

Melansir dari artikel berjudul “7 Daily Habits That Can Halt Heartburn”, kekurangan asupan air dan serat pangan dapat berisiko mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan sembelit.

Hal tersebut tentunya juga cukup berisiko untuk menyebabkan gangguan lambung apabila terjadi dalam durasi yang cukup panjang. Oleh karena itu, mulai sekarang segera konsumsi air dan sayuran kaya serat agar sistem pencernaanmu terjaga.

Baca Juga: Ini 6 Jenis Bumbu Dapur yang Aman bagi Penderita Asam Lambung

3. Kurang Tidur

Kurang tidur ternyata juga bisa berdampak pada kesehatan saluran pencernaan. Melansir dari artikel dalam halodoc.com, seseorang yang memiliki waktu tidur sangat sedikit lebih berisiko mengalami gangguan lambung seperti GERD, sindrom iritasi usus besar dan dyspepsia.

Hal tersebut dikarenakan sistem metabolisme dalam tubuh dipaksa bekerja tanpa diberi jeda untuk beristirahat dan melakukan regenerasi. Hal ini bisa memicu banyak gangguan dalam tubuh, termasuk pada sistem pencernaan.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang berisiko membuat gangguan pada lambung. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia