Divisi Pemasyarakatan Jateng lakukan pemeriksaan kesehatan tahanan baru Rutan Semarang. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi tahanan, Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah melakukan pemeriksaan kesehatan, Selasa (27/8/2024).

Berlangsung di Blok Hunian Rumah Tahanan Kelas 1 Semarang, tim medis Divpas Jateng melakukan pemeriksaan kesehatan tahanan baru titipan dari Kepolisian Daerah Jawa Tengah dan Kepolisian Resor Kota Besar Semarang.

Selaku dokter Divpas Jateng, dr. Nina mengatakan, pelayanan kesehatan bagi tahanan dimulai dengan anamnese dan pemeriksaan TTV, kemudian konsultasi dan pemeriksaan penyakit oleh dokter, dan tahanan yang sakit mendapatkan obat-obatan sesuai jenis penyakit.

“Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini sangat berguna bagi tahanan karena dapat meningkatkan kesehatan dan pencegahan penyakit, menekan angka penyebaran penyakit baik yang menular maupun tidak menular, mengingat para tahanan yang saling hidup berdampingan,” ungkapnya.

Kadivpas Jateng, Kadiyono menyambut baik upaya peningkatan aksesibiltas dan kualitas pelayanan kesehatan bagi tahanan. Ia berharap para tahanan dapat merasakan manfaat atas kemudahan layanan yang diberikan oleh tim medis Divpas Jateng melalui sistem jemput bola. “Kesehatan adalah modal utama bagi para tahanan untuk mengikuti segala bentuk program pembinaan yang diprogramkan oleh pihak rutan,” ungkap Kadiyono.

“Mengingat tahanan baru sangat rentan terhadap segala jenis penyakit dan kondisi cuaca yang sangat panas dalam 2 bulan terakhir, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala,” imbuh Kadivpas.

Selain pemeriksaan kesehatan, juga dilakukan kegiatan konseling psikologi yang dilakukan oleh psikolog klinis untuk mengidentifikasi kondisi psikologis tahanan rutan secara mendalam.

Konseling psikologi sendiri berguna untuk mendeteksi dini terhadap gangguan kesehatan maupun kejiwaan tahanan agar segera dapat ditangani lebih lanjut.

Ning S