Pagar depan Kantor KPU Kabupaten Wonogiri, semarak dipasangi hiasan umbul-umbul dan penjor. Menandakan tengah menggelar hajatan Pilkada, utamanya menyambut kedatangan Paslon yang mendaftar dalam Pemilihan Bupati-Wakil Bupati.(SM/Bambang Pur)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri kini tampil beda. Di sepanjang pagar depannya, dipasangi hiasan umbul-umbui dan penjor. Ini untuk mengukuhkan bahwa KPU Wonogiri, tengah menggelar hajatan menerima pendaftaran pasangan calon (Paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Tercatat di dalam lontar Jayakasunu, penjor melambangkan Gunung Agung. Dalam mitologi, Gunung Agung dikenal sebagai linggih Sang Hyang Naga Basuki. Dalam Basuki Stawa, Sang Naga dilukiskan memiliki ekor yang berada di puncak gunung dan kepalanya di laut.

Penjor adalah batang bambu tinggi dan melengkung, sebagai penggambaran gunung yang menjadi istana Tuhan dengan segala manifestasinya. Sekilas mirip umbul-umbul yang dibentuk secara khusus, dihias dengan daun kelapa muda (janur) atau daun enau muda, bersama pernik-pernik atribut kelengkapan lainnya. Di Pulau Dewata Bali, penjor digunakan untuk kelengkapan upacara keagamaan umat Hindu.

Ketua KPU Kabupaten Wonogiri, Satya Graha, dan Sahid dari Sekretariat KPU setempat, menyatakan, pemasangan penjor memiliki filosofi bahwa KPU tengah menggelar hajatan. Yakni hajatan menyelenggarakan Pilkada, khususnya untuk menyambut kedatangan para Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati, yang akan mendaftar untuk maju di Pilkada Tanggal 27 Nopember 2024 mendatang.

Ketua KPU Satya Graha bersama Komisioner Doni Hafifdhian, Toto Sih Prasetyo, Irawan Ary Wibowo dan Dwi Prasetyo, menyatakan, KPU membuka pelayanan pendafataran Paslon mulai Selasa (27/8/24) sampai dengan Kamis (29/8/24). ”Tapi di hari pertama belum ada yang mendaftar,” jelas Satya Graha.

Hari Baik

Terkait ini, KPU Kabupaten Wonogiri membuka helpdesk pada hari dan jam kerja, sampai batas akhir hari pendaftaran. Tujuannya, untuk membantu tim pengusung Paslon dalam memperlancar proses pendaftaran.

Dijadwalkan, Paslon yang akan maju dalam Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Wonogiri, akan memanfaatkan hari kedua dan ketiga pendaftaran. Yakni Rabu (28/8/24) dan Kamis (29/8/24). Khusus pada hari terkahir pendaftaran, yaitu Kamis (29/8/24), KPU Wonogiri membuka pelayanan sampai Pukul 23.59.

Ketua DPD Partai Golkar Wonogiri, Bondan Sejiwan Bomo Aji, menyatakan, bersama koalisi PUMA (Perubahan Untuk MAju) yang merupakan gabungan Parpol non-(PDI Perjuangan-Partai Gerindra), Rabu besok (28/8/24), akan mendaftarkan Paslon Tangguh. Yakni duet Tarso bersama Kristian Teguh Suryono. ”Rabu besok kita akan mendaftarkan ke KPU Wonogiri,” jelas Bondan yang juga menjabat sebagai Ketua DPD AMPI Provinsi Jateng ini.

Sementara itu diporoleh informasi, Paslon duet Setyo Sukarno-Imron Rizkyarno yang diusung koalisi PDI Perjuangan bersama Partai Gerindra, merencanakan akan mendaftar pada hari Kamis (29/8/24).

Budayawan Jawa peraih Anugerah Bintang Budaya, Kanjeng Raden Arya (KRA) Pranoto Adiningrat yang Abdi Dalem Keraton Surakarta, menyatakan, bisa jadi Paslon dalam mendaftar menggunakan hitungan hari baik. Yakni memakai kearifan lokal (local wisdom). Karena itu, tak satupun Paslon yang memilih hari pertama pendaftaran yang jatuh Hari Selasa Legi.(Bambang Pur)