Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan saat menerima penghargaan sebagai Tokoh Inspiratif Jawa Tengah 2024. Foto : dok Polres Grobogan.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Dari 18 tokoh penerima penghargaan Tokoh Inspiratif Jawa Tengah 2024, Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan adalah satu dari belasan peraih penghargaan Tokoh Inspiratif Jawa Tengah 2024.

AKBP Dedy Anung Kurniawan menerima penghargaan tersebut pada Jumat 23 Agustus 2024 di Gedung Wisma Perdamaian, Kota Semarang.

Penyematan gelar tersebut bukan berarti diraih secara instan, hal ini melihat langsung sejumlah prestasi yang pernah diraih Polres Grobogan di bawah kepemimpinan AKBP Dedy Anung Kurniawan.

BACA JUGA : Terkait Pilkada, PCNU Jepara Serukan Cermati “Man Wara’a dan Maa Wara’a”

Terutama prestasinya di bidang Kamtibmas. Di bawah kepemimpinan AKBP Dedy Anung Kurniawan ini, Polres Grobogan telah nyata mencetak sejumlah prestasi dalam menjaga Kamtibmas serta penegakan hukum di wilayah Kabupaten Grobogan.

Penegakan hukum yang pernah ditangani Polres Grobogan yakni kasus mafia tanah di Grobogan yang disebut memiliki nilai potensi kerugian terbesar dibandingkan dengan kasus-kasus sebelumnya. Potensi kerugian masyarakat dan negara dalam kasus tersebut kurang lebih sebesar Rp3,41 triliun.

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung juga membentuk kampung tangguh Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), yang berdiri kali pertama di Indonesia.

Dalam Pemilu 2024 lalu, Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan juga memastikan keamanan penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut dengan turun ke lapangan di seluruh wilayah di Kabupaten Grobogan, sehingga pelaksanaannya berjalan aman dan lancar.

Apresiasi

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan menyebutkan, penghargaan tersebut diterimanya tersebut sebagai bentuk apresiasi dan penyemangat Polri, khususnya Polres Grobogan agar tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Berbagai tantangan ke depan juga akan dihadapi Polres Grobogan, termasuk pelaksanaan pengamanan Pilkada 2024.

“Keberhasilan Polres Grobogan dalam mengelola Harkamtibmas tentunya tidak lepas dari dukungan, sinergisitas, dan kolaborasi dari TNI, Pemerintah Kabupaten dan seluruh stakeholder, media, serta masyarakat Grobogan,” jelas Kapolres Grobogan.

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan menerima penghargaan sebagai Tokoh Inspiratif Jawa Tengah karena dipandang sebagai sosok pemimpin yang berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Kabupaten Grobogan.

Selain AKBP Dedy Anung Kurniawan, sejumlah tokoh juga mendapatkan penghargaan pada event yang diselenggarakan Berlian Organizer itu. Para tokoh tersebut antara lain, bidang Pemerintahan Kepala Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Dr. H. Hendrar Prihadi, SE, MM dan Sudaryono, B.Eng., MM, MBA, Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, yang saat ini juga menjabat Wakil Menteri Pertanian RI.

Penghargaan di bidang pemerintahan juga diberikan kepada Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, ST., M.Ling dan Bupati Kendal Dico M Ganinduto,B.Sc.,M.Sos, serta Riena Retnaningrum, SH (Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah).

Di bidang Hukum, diberikan kepada Pakar Hukum Dr.Hj. Eko Suwarni, SH, MH, dan Prof. Dr. Henry Indraguna, SH, MH (Advokat/Anggota Tim Ahli Wantimpres dan Anggota Dewan Pakar DPP Partai Golkar), serta Surya Kusuma Wardana, SH, MH (Pengacara/Ketua Kantor Hukum Gandiwa dan Rekan).

Untuk bidang Politik, penerima penghargaan yakni Thomas Suyanto,SE (Wakil Ketua DPW Partai Nasdem Jateng) dan H. Rizal Bawazier (Anggota Dewan Pakar DPP Partai Keadilan Sejahtera/Anggota DPR RI Terpilih).

Di bidang Seni dan Budaya, artis penyanyi dan bintang sinetron asal Magelang, Nafa Urbach mendapat penghargaan ini. Selebritis yang juga politisi ini baru saja terpilih menjadi anggota DPR RI dari Partai Nasdem.

BACA JUGA : UMKU Jalin Kerja Sama dengan UMSIDA untuk Tingkatan Kualitas Pendidikan

Penghargaan juga diberikan kepada Dr.Dr.Ir. H. Ady Setiawan, SH, MH, MM, MT, PIA, IPM, Asean Eng, Clc. Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu dipilih untuk kategori Pelayanan Publik.

Di bidang Ekonomi dan Bisnis, penghargaan diberikan kepada Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Semarang, H. Arnaz Agung Andrasmara, SE., MM dan pengusaha asal Batang, Hj. Ana Mundiana,SE,MM. Di bidang Pendidikan, penerima penghargaan untuk kategori Pendidikan Tinggi, yakni Rektor Undaris KRH. Dr. H. Hono Sejati Pradoto Jatinagoro, SH, M.Hum.

Untuk kategori Pendidikan Menengah, Kepala MAN 2 Rembang, Akhmad Suhadak Solikin, S.Pd, M.Pd.I dan Nursalam,S.Fil.I.,M.Pd. (Kepala SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta) untuk kategori Pendidikan Dasar.

Tya Wiedya