Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) resmi menjalin kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)

KUDUS (SUARABARU.ID) – Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) resmi menjalin kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan memorandum of agreement (MoA) ini berlangsung di kampus UMKU dengan dihadiri oleh para pimpinan dari kedua universitas, 22 Agustus 2024.

Penandatanganan MoU dan MoA dilangsungkan di ruang serbaguna UMKU dengan dihadiri Rektor UMKU Dr. Edy Soesanto, Warek 1 Sukarmin M.Kep, Dekan FST NaIli Azizah, M.H, dan Kaprodi Ilkom Fida Mahesahana, M.Kom. sedangkan dari pihak UMSIDA Iswanto, ST., M.MT (Dekan) Dr. Mulyadi, ST., MT (Kaprodi Teknik Mesin), Dr. Atik Wahyuni, ST., MT (Kaprodi Teknik Sipil), M. Abror, SP., MM (Kaprodi Agroteknologi), Rahmah Utami Budiandari, S.TP., MP (Kaprodi Teknologi Pangan), Nuril Lutvi Azizah, S.Si., M.Si (Sekprodi Informatika), Boy Ismaputra, ST., MM (Sekprodi Teknik Industri), Shazana Dhiya Ayuni, S.ST., MT (Sekprodi Teknik Elektro)

Rektor UMKU, Dr. Edy Soesanto, S.Kp., M.Kes. menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat sinergi antar perguruan tinggi Muhammadiyah dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. “Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan melalui pertukaran dosen, mahasiswa, dan  penelitian kolaboratif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UMSIDA, Iswanto, ST., M.MT menambahkan bahwa kemitraan ini juga akan mencakup pengembangan teknologi dan inovasi di bidang pendidikan. “UMSIDA dan UMKU memiliki visi yang sama dalam mendorong pendidikan berbasis teknologi, kami akan berkolaborasi dalam pengembangan program studi yang adaptif dengan perkembangan zaman serta meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa melalui seminar dan workshop bersama,” jelasnya.

Kerja sama ini diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi kedua institusi, khususnya dalam memperkuat posisi keduanya sebagai perguruan tinggi unggul di Indonesia. Dengan adanya MoU ini, baik UMKU maupun UMSIDA berkomitmen untuk saling mendukung dalam berbagai kegiatan akademik dan non-akademik demi menciptakan lulusan yang berdaya saing tinggi dan siap menghadapi tantangan global.

Usai penandatanganan, kegiatan dilanjutkan dengan seminar bersama dengan pembicara dari UMKU dan UMSIDA. Seminar yang diinisiasi kedua kampus tersebut mengangkat tema Data Science for Human life.

Hadepe – AR