Event Pacitan Menggambar Bersama SBY, digelar di Pantai Pancer Door. Presiden RI Ke-6 SBY, tengah menyelesaikan lukisannya.(Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Ribuan masyarakat, mengikuti event Pacitan Menggambar Bersama Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudoyono (SBY). Lokasinya di objek wisata bahari Pantai Pancer Door, di Dusun Kebon, Desa Ploso, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai ini, masih berada di area yang sama dengan Pantai Ranuharjo dan Pantai Teleng Ria. Pantai Pancer Door, membentang menghadap Teluk Pacitan, yang terhubung langsung dengan lautan lepas. Bibir pantainya membentuk huruf U, menawarkan pesona yang cukup unik. Memiliki panorama lautan yang dikelilingi oleh perbukitan yang membentang dari ujung timur hingga barat.

Kehadiran SBY, sebagai putra terbaik Pacitan yang pernah dua periode menjadi Presiden RI, ini menjadi magnet yang mampu menarik kehadiran massa. Sebagaimana diketahui, SBY lahir Tanggal 9 September 1949 di Pacitan. Presiden Indonesia Ke-6 ini, menjabat dua periode dari Tanggal 20 Oktober 2004 sampai 20 Oktober 2014. Ia merupakan Presiden RI pertama di era reformasi yang terpilih melalui Pemilihan Umum secara langsung.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, event Pacitan Menggambar Bersama SBY digelar Senin (19/8/24). Kali ini merupakan event yang ketiga kalinya, dan tetap mendapat sambutan meriah dari warga masyarakat.

Tiba di lokasi acara, SBY langsung disambut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan keluarga bersama jajaran Forkopimda. Usai menyapa masyarakat, SBY langsung menuju lokasi yang sudah disiapkan. Yakni untuk melanjutkan kembali lukisan yang telah dilukis sehari sebelumnya di Pantai Klayar.

Unggulan

“Kemarin Pak SBY melukis tentang keindahan Pantai Klayar. Seperti kita ketahui, Pantai Klayar menjadi salah satu destinasi wisata unggulan kita,” ungkap Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan)

Mas Aji sangat mengapresiasi kegiatan menggambar yang dilaksanakan setiap tahun ini. Dia berharap, kehadiran SBY bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda. “Salah satu tujuan kegiatan ini adalah agar anak-anak punya memori indah bersama pak SBY, menumbuhkan kebanggaan, motivasi dan inspirasi,” tandas Bupati.

Peserta menggambar terdiri atas para pelajar Pacitan dan sekitarnya, Sea Wall Indonesia, para Mahasiswa jurusan seni murni ISI Surakarta. Juga para seniman dari Yogyakarta dan para perupa lokal di Kabupaten Pacitan.

Pacitan Menggambar Seri 3 Tahun 2024 ini, mengambil tema Ketahanan Pangan untuk kategori umum, serta tema Cita-citaku untuk para pelajar.(Bambang Pur)