Salah satu peserta pawai dengan kostum yang memesona. Foto: Diskominfo Batang.

BATANG (SUARABARU.ID) – Memeriahkan HUT Ke-79 RI, Pemerintah Kabupaten Batang menyuguhkan pawai pembangunan dengan mengusung tema “Merdeka Menuju Indonesia Emas”. Sebanyak 84 kelompok peserta dengan keunikan tampilan kostum yang dikenakan membawa pesan edukatif dari tiap Organisasi Perangkat Daerah, BUMD, BUMN hingga institusi pendidikan serta Organisasi Kemasyarakatan.

Kostum-kostum bertema pahlawan nasional, raja se-Nusantara, tokoh mitologi serta keindahan alam Kabupaten Batang yang sarat akan adat dan tradisi leluhur pun disuguhkan secara totalitas.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyampaikan, keunikan kostum yang dikenakan masing-masing kelompok, memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat.

“Pawai pembangunan dan budaya sengaja ditampilkan untuk menghibur sekaligus mengajak generasi muda untuk senantiasa mengisi kemerdekaan dengan berkontribusi sesuai kompetensinya, dalam membangun Kabupaten Batang,” katanya, saat ditemui di Rumah Dinas Bupati, Kabupaten Batang, Senin (19/8/2024).

Lani mengharapkan, pawai budaya dan pembangunan daerah, mampu memotivasi generasi muda Batang, supaya di masa depan dapat mendukung kemajuan daerah demi menyongsong generasi emas di tahun 2045.

Ditemui, saat mengikuti pawai, Sekretaris Diskominfo Batang Puji Setyowati menerangkan, seluruh pegawai ikut serta memeriahkan pawai dengan kostum yang tentunya membawa pesan edukatif.

“Temanya Generasi Penerus adalah Ujung Tombak Bangsa, ada yang mengenakan seragam TK hingga SMA serta beragam profesi seperti pengusaha maupun TikTokers yang mencerminkan citra gen z,” terangnya.

Puji berharap, melalui pawai profesi dapat menggugah semangat warga Batang untuk mencetak generasi emas yang profesional serta diimbangi dengan amal ibadah yang soleh.

Nur Muktiadi