Wakil Wali Kota KH < Mansyur menyalami anggota Paskibraka Kota Magelang yang baru dikukuhkan. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur mengukuhkan sebanyak 44 putra-putri yang terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) HUT Ke-79 RI Kota Magelang Tahun 2024. Pengukuhan dilaksanakan di Pendapa Pengabdian Kompleks Rumjab Wali Kota Magelang, Selasa (15/8).

Anggota Paskibraka yang dikukuhkan akan bertugas pada upacara peringatan HUT ke-79 RI di Lapangan Pancasila Akademi Militer (Akmil) pada Sabtu (17/8/2024).

Acara itu dihadiri Sekda Hamzah Kholifi, pejabat Forkopimda Kota Magelang, pejabat Pemkot  Magelang, orang tua anggota Paskibraka, pembina dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Magelang.

Kyai Mansyur menyampaikan, pengukuhan ini menjadi penegas mulai ini tersemat tanggung jawab bagi para anggota Paskibraka untuk menjadi perintis, teladan bagi lingkungan sekitar, juga bagi sesama.

Pengasuh Ponpes Sirojul Huda, Wates, Magelang itu  melanjutkan, bahwa jiwa Paskibraka adalah jiwa Indonesia, perilaku Paskibraka adalah perilaku keteladanan, semangat Paskibraka adalah semangat solidaritas dan pantang menyerah, ucapan dan perbuatan Paskibraka adalah ucapan dan perbuatan seorang ksatria.

“Singkatnya, seorang Paskibraka adalah teladan di manapun berada,” tandas Kyai Mansyur.

Menjadi Paskibraka, lanjut wakil wali kota, adalah sebuah kehormatan. Sebab kesempatan dan kepercayaan untuk mengemban tugas penting, mulia dan membanggakan ini tidak datang kepada semua orang. Sebagai konsekuensinya perjalanan untuk menyiapkan Paskibraka juga tidak ringan.

“Saya sungguh berharap, anak-anakku Paskibraka Kota Magelang Tahun 2024 dapat melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh,” harapnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kota Magelang, Agus Satiyo Hariyadi menegaskan, Paskibraka tidak sebatas menaikkan dan menurunkan bendera Merah Putih, tetapi merupakan sebuah pengkaderan calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila dan jiwa nasionalisme.

“Paskibraka yang dikukuhkan adalah siswa SMA/SMK/MA Kota Magelang yang telah melalui berbagai tahap seleksi dan menjalani Latihan sejak 15 Juli 2024. Jumlahnya total 44 siswa, terdiri putra 24 siswa dan putri 20 siswa,” jelas Agus. (prokompimkotamgl)