Ilustrasi jalan kaki. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Olahraga sebenarnya mudah dilakukan oleh siapa saja. Tidak harus selalu membutuhkan pelatih, lapangan ataupun peralatan yang mahal (pergi ke pusat kebugaran), yang dibutuhkan hanyalah niat dan disiplin dalam menjalankannya.

Bagi kamu yang ingin memulai hidup aktif, bisa mencoba jalan kaki sebagai olahraga kardio yang bisa dilakukan kapan saja di mana saja.

Olahraga jalan kaki ternyata bermanfaat untuk kesehatan jantung. Lantas, apa saja manfaat jalan kaki untuk kesehatan jantung? Dilansir dari laman Kemenkes, ada beberapa manfaat jalan kaki untuk kesehatan jantung, yuk simak penjelasannya!

1. Meningkatkan sirkulasi darah
Berjalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung dan jumlah oksigen yang masuk dalam darah, sehingga memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi risiko penyumbatan pada pembuluh darah jantung.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung
Berjalan kaki dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah, mengurangi peradangan, serta menjaga tekanan darah tetap stabil. Semua hal ini berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

3. Menjaga berat badan tetap stabil
Saat berjalan kaki kamu membakar kalori tubuh. Semakin lama semakin banyak kalori yang terbakar, sehingga membantu menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini berperan penting dalam menunjang kesehatan jantung.

4. Mengelola stres
Saat berjalan kaki, tubuh akan melepaskan hormon endorphin atau hormon pemicu rasa bahagia. Hormon ini dapat membuat suasana hati lebih baik serta mengurangi kecemasan dan depresi, yang dapat membuat jantung lebih kuat.

5. Meningkatkan kebugaran fisik
Berjalan kaki juga bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan tulang dan otot serta energi, sehingga membuat tubuh lebih bugar.