Ilustrasi jalan kaki. Foto: Pixabay

Tips memulai rutinitas jalan kaki

Kamu sudah yakin akan manfaat jalan kaki untuk kesehatan jantung, dan ingin segera memulainya? Pastikan untuk melakukannya secara rutin selama minimal 30 menit, 5 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

Berikut adalah tips untuk membantu kamu memulai rutinitas jalan kaki.

1. Siapkan perangkat jalan kaki
Kenakan sepatu olahraga yang nyaman, pakaian yang tidak terlalu ketat atau longgar dengan bahan yang dapat menyerap keringat. Kamu bisa memakai topi atau sunscreen jika cuaca panas terik.

2. Lakukan pemanasan dan pendinginan
Pastikan kamu selalu melakukan peregangan untuk pemanasan selama 5-10 menit sebelum berjalan kaki, dan pendinginan setelah berjalan kaki. Tujuannya untuk mengurangi risiko sakit dan cedera pada tulang dan sendi.

3. Lakukan secara bertahap
Jika kamu selama ini tidak terbiasa melakukan olahraga, mulailah secara bertahap, misalnya 5-10 menit dengan kecepatan ringan atau sedang. Kemudian, secara bertahap tingkatkan kecepatan, jarak dan waktu dalam beberapa minggu dan bulan ke depan.

4. Tentukan target
Tentukan target realistis yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kamu. Misalnya, 20-40 menit 5 hari dalam seminggu.

5. Lakukan penyesuaian
Jika kamu harus bepergian atau bekerja lembur, cari waktu untuk tetap bisa berjalan kaki di sela-sela aktivitas, agar rutinitas jalan kaki kamu tetap terjaga. Kemudian, jika cuaca sedang tidak bersahabat, kamu bisa mengubah lokasi jalan kaki menjadi di dalam ruangan, seperti rumah, fasilitas olahraga, atau community center.

6. Cukupi kebutuhan energi dan cairan
Jangan berjalan kaki dalam keadaan lapar atau terlalu kenyang. Pastikan kamu memiliki cukup energi saat berjalan kaki. Cukupi kebutuhan cairan agar terhindar dari dehidrasi. Kamu bisa membawa botol minum untuk diminum saat haus.