''Ayo semangat menggelinding cepat,'' teriak penonton untuk memberikan suport kepada para peserta Racing Trenggiling di Kampung Madyorejo, Jetis, Sukoharjo.(Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Beragam lomba Tujuhbelasan yang tergolong unik, ikut digelar oleh panitia dalam memeriahkan penyambutan HUT Ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2024.

Warga Kampung Madyorejo RT 1/RW 7, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo, Minggu (11/8/24), menggelar racing (balapan) Trenggiling Kardus. Kemudian masyarakat Lingkungan Cubluk, Kelurahan Girititro, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri, menyelenggarakan lomba adu cepat memindahkan ikan Lele.

Trenggiling atau Tenggiling, adalah hewan bersisik pemakan semut.  Yakni hewan mamalia dari ordo Pholidota. Manakala nyawanya terancam, hewan ini melakukan manuver membekuk tubuhnya menjadi bulat layaknya bola.

Tokoh masyarakat Madyorejo, Begug SW, menyatakan, untuk teknis pelaksanaan Racing Trenggiling ditangani muda-muda Pimpinan Patri. Pesertanya, usia anak-anak, mebekuk tubuhnya untuk masuk ke dalam kardus. Begitu aba-aba start dikomandokan, mereka berupaya menggelinding adu cepat. Gelak tawa penonton pun menyertai jalannya Racing Trenggiling Kardus ini.

Tradisional

Dalam suasana ceria, Panitia juga melombakan permainan ketangkasan tradisional lain, yakni adu terampil makan kerupuk yang digantungkan pada seutas tali tanpa bantuan tangan. Berikut lomba tiup bola dalam gelas, estafet karet dan estafet tepung dan estafet memindahkan air ke arah belakang, jalan sehat massal dan lomba sepeda hias. Para peserta lomba disuguhi sarapan nasi pecel dan nasi rames yang dimasak oleh ibu-ibu Pimpinan Ny Erlina.

Ketua RT 1/RW 4 Lingkungan Cubluk, Giritirto, Wonogiri, Suwarto (kiri), menyerahkan hadiah kompor gas kepada pemenang.(Panitia Tujuhbelasan RT)

Juara 1 Racing Trenggiling dimenangi Azam, juara 2 Rakan dan juara 3 Ivan. Juara 1,2 dan 3 lomba makan kerupuk diraih Fahri, Kenzo dan Emira-Nanda. Juara 1.2 dan 3 lomba tiup bola, Habibie, Fahri dan Leviano. Juara 1 lomba estafet karet dimenangi Kelompok Faezal, Nazeha dan Azzam. Juara 1 estafet tepung diraih Kelompok Habibie, Syifa dan Abi..

Ketua Rukun Tetangga (RT) Joko Sarjana SH dan Ketua Panitia HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Parasdyo B, mengapresiasi muda-mudi yang kreatif menggelar aneka lomba ketangkasan yang terselenggara penuh ceria tersebut. Harapannya, ke depan anak-anak menjadi generasi kreatif, memiliki semangat juang pantang menyerah dan tertanman jiwa mandiri.

Sementara itu, adu cepat memindahkan ikan lele (clariidae), menjadi salah satu lomba yang membuat semaraknya kegiatan Tujuhbelasan di RT 1/RW 4 Lingkungan Cubluk, Keurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Disamping beragam lomba ketangkasan lain, yang ikut dilombakan demi membangun suasana gembira.

Kepada para peserta yang memenangi lomba, diberikan hadiah yang diserahkan oleh Ketua RT 1/RW 4, Suwarto. Termasuk lomba jalan sehat massal. Penyerahan hadiah, dilaksanakan setelah warga menikmati hidangan aneka makanan Jajan Pasar. Sementara itu, warga Lingkungan Salak RT 3/RW 4 Giripurwo, Wonogiri, juga menggelar senam sehat bersama memakai iringan Lagu Rindu(Bambang Pur)