Wakil Bupati Kebumen didampingi jajaran direksi memotong pita pada peresmian Gedung Baru PT BPR BKK Kebumen Cabang Adimulyo, Sabtu 10/8.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – PT BPR BKK Kebumen (Perseroda) Cabang Adimulyo kini memiliki gedung baru senilai Rp 1.158.000.000.

Gedung baru tersebut diresmikan oleh Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, mewakili Bupati Arif Sugiyanto, Sabtu (10/8).

Peresmian ditandai pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih didampingi Direktur Utama Sutrisno, Direktur Kepatuhan Sugiharto dan Direktur Pemasaran Tarto. Acara  dilanjutkan pengguntingan pita dan peninjauan ruangan.

Hadir pada acara tersebut Sekda Kebumen Edi Rianto, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda  Sri Kuntarti, Kepala BPKAD Aden Andri Susilo, Badan Pengawas PT BPR BKK Ira Puspitasari, Kabag Perekonomian dan SDA Setda Purnowati, Kabag Hukum Ahmad Harun dan Kabag Prokopim Dewi Indri Astuti.

Menurut Dirut PT BPR BKK Kebumen (Perseroda) Sutrisno, pembangunan gedung baru senilai Rp 1,1 M itu bertujuan meningkatkan pelayanan kepada para nasabah.”Bangunan baru ini terdiri atas  pembelian tanah Rp 472 juta dan nilai bangunan Rp 686 juta, sehingga total nilainya Rp 1,1 M ini merupakan swadaya dari PT BPR BKK Kebumen.”

Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Sekda Edi Rianto dan Pimpinan PT BPR BKK Kebumen di ruang pelayanan BPR BKK Cabang Adimulyo yang baru, Sabtu 10/8.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Lebih lanjut Sutrisno mengungkapkan capaian kinerja PT BPR BKK Kebumen sampai 8 Agustus 2024. Aset yang dikelola senilai Rp 527.854.000.000,danayang dihimpun dari masyarakat Rp 455.662.000.000.

Sedangkan kredit yang disalurkan kepada para pelaku UMKM sampai  8/8 Rp 391.621.000.000. Laba yang dicapai sebesar Rp 9.099.000.000.

Sutrisno menambahkan, dari kinerja BPR BKK capaian deviden yang akan disetor ke pemegang saham (Pemkab Kebumen dan Pemrov Jateng) pada 2024 ini sebesar  Rp 7.370.0000. Dengan rincian deviden untuk Pemkab Kebumen Rp 3.890.000.000, Pemrov Jateng  Rp 3.479.000.000. Hal itu karena setoran modal dari Pemkab Kebumen lebih besar dibanding Pemrov Jateng.

Penghargaan BPR Award dari Gubernur

Sutrisno berharap dengan pembangunan gedung baru PT BPR BKK Cabang Adimulyo akan bisa meningkatkan kualitas pelayanan lebih baik. Baik dalam penghimpunan dana masyarakat maupun penyaluran kredit.

Pihaknya juga menginformasika pada 2024 PT BPR BKK Kebumen akan menerima  BPR Award dari Gubernur Jateng yang akan diserahkan pada 17 Agustus mendatang. BPR BKK Kebumen masuk enam besar se Jateng.

Bahkan dari Infobank Jakarta pada 29 Agustus nanti PT BPR BKK Kebumen akan memperoleh penghargaan sebagai salah satu BPR berperingkat terbaik nasional. Yakni Peringkat 23 nasional dari 471 BPR se Indonesia.

Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih memotong tumpeng peresmian Kantor PT BPR BKK Cabang Adimulyo, Sabtu 10/8.(Foto:SB/Komper Wardopo)

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak sehingga PT BPR BKK Kebumen terus maju dan berkembang baik dalam kinerja kuangan dan  pemberian kredit maupun menghimpun dana dari masyarakat untu ikut mendukung  pembangunan di daerah,”tandas Sutrisno.

Wakil Bupati (Wabup) Kebumen Ristawati Purwaningsih mengapresiasi capaian kinerja PT BPR BKK Kebumen. Bahkan Wabup memuji pergerakan keuangan yang  cukup besar sehingga mampu  memberikan deviden kepada Pemkab tahun depan hampir Rp 4 M.

“Deviden sebagai pembagian keuntungan itu kepada Pemkab masuk  PAD. Artinya dengan  bapak ibu ikut pinjam dan menabung  atau deposito di BKK telah ikut membantu menunjang pembangunan di Kebumen,”tandas Ristawati.

Terkait peresmian kantor BPR BKK Cabang Adimulyo, Wakil Bupati berharap pelayanan semakin  baik, kantor lebih bagus, area parkir lebih luas sehingga para nasabah bisa terlayani dengan baik.

”Saya merasakan pelayanan di BKK ini sangat mudah. Ini salah satu pelayanan yang komprehensif, tentunya pelayanan mudah itu tetap mematuhi syarat dan ketentuannya,”ujar politisi dari PDIP itu.

Ristawati juga mengingatkan kapada jajaran manajemen PT BPR BKK untuk terus memperbaiki  kinerja dan melakukan inovasi. Mengingat, persaingan di lembaga perbankan dan keuangan makin  ketat. Termasuk persaingan pinjaman on line.

“Saya berharap dengan gedung baru ini manajemen PT BPR BKK Cabang Adimulyo khususnya  dan BPR BKK Kebumen umumnya terus bisa meningkatkan pelayanan terbaik kepada pata nasabah dan  masyarakat,”tandas Wabup.

Komper Wardopo