Warga membuat umbul-umbul Tujuhbelasan model Penjor Bali, untuk dipasang di ruas Jalan Perkutut III, Lingkungan Cubluk, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Masyarakat Kabupaten Wonogiri, diminta untuk memasang umbul-umbul, lampu hias dan pernik-pernik hiasan tujuhbelasan, serta mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh selama satu bulan. Yakni selama Bulan Agustus 2024 sebagai bulan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Jadwal pemasangan dimulai Kamis hari ini (1/8/24), sampai dengan Sabtu (31/8/24) mendatang. Instruksi tersebut disampaikan secara berjenjang. Yakni melalui para camat se Kabupaten Wonogiri, ke Lurah dan Kepala Desa (Kades), yang kemudian disebarluaskan secara serentak ke masyarakat melalui para Ketua Rukun Tetangga (RT).

Umbul-umbul bernuansa Tujuhbelasan, yang dibuat dengan sentuhan seni dan kreativitas, dipasang di ruas jalan depan Padepokan Sangga Langit di Lingkungan Brumbung, Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Di Jalan Perkutut IIII Lingkungan Cubluk, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, dipasang umbul-umbul bernuansa merah putih yang desainnya mirip Penjor Bali. Masyarakat di Kelurahan Wonokarto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, ramai-ramai memasang lampu hias Merah Putih.

Gugur Bunga

Panitia Tujuhbelasan Kelurahan Giritorto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, menggelar lomba olahraga tenis meja (pingpong) dan bola voli antar Rukun Warga (RW). Event ini dilaksanakan Sabtu (3/8/24) sampai dengan Minggu (4/8/24) mendatang. Juga menggelar lomba badminton mulai Tanggal 5 sampai dengan 10 Agustus 2024.

Untuk lomba jalan sehat massal berhadiah akan digelar Minggu (18/8/24). Di hari sama, juga dilaksanakan lomba menyanyikan Lagu-lagu Nasional dilaksanakan Minggu (18/8/24). Lagu yang wajib didendangkan oleh peserta lomba, terdiri atas Syukur karya Husein Mutahar, Indonesia Pusaka dan Gugur Bunga karya Ismail Marzuki.

Kabag Porkopim Pemkab Wonogiri, Mursid Suroto, Kamis (1/8/24), menyatakan, Pemkab Wonogiri mengagendakan 5 kegiatan untuk menyambut HUT K2-79 Kemerdekaan Indonesia Tahun 2024. Jumat (16/8) pagi dan malam, melaksanakan ziarah nasional dan apel kehormatan renungan suci di Taman Pahlawan Kusuma Bangsa di Mojoroto, Wonoboyo, Wonogiri.

Sabtu (17/8/24) pagi, menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan detik-detik Proklamasi di Stadion Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri. Dirangkai dengan lomba defile yang diikuti oleh semua peserta upacara. Kemudian Sabtu petang (17/8/24) dilaksanakan upacara penurunan bendera. ”Kali ini tidak menggelar lomba karnaval Untuk sementara,” tandas Mursid Suroto.(Bambang Pur)