Komisionern KPU Jepara, Muhammadun

JEPARA (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara telah menuntaskan tugas pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada 2024. Hal tersebut diungkapkan oleh Muhammadun, anggota KPU Kabupaten Jepara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Rabu (24/7/2024).
Muhammadun menyampaikan bahwa petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) telah melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada. “Kami berterima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada 3.413 petugas Pantarlih atas seluruh kerja-kerjanya yang telah menuntaskan coklit data pemilih sampai dengan 24 Juli ini. Proses coklit berjalan relatif lancar. Kalaupun ada kendala, dapat teratasi,” ujar Muhammadun.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat serta pihak-pihak terkait yang terlibat dan ikut menyukseskan tahapan coklit ini. “Setelah tahapan coklit selesai, tugas Pantarlih berakhir pada 25 Juli 2024,” lanjut dia. Muhammadun menyampaikan bahwa data hasil coklit tersebut akan disinkronisasikan secara berjenjang baik di tingkat desa oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun di tingkat kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan di tingkat kabupaten oleh KPU.

Muhammadun menjelaskan bahwa KPU akan menghadapi tahapan selanjutnya, yaitu penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS). “KPU akan segera menyusun daftar pemilih sementara sebagaimana diatur dalam Keputusan KPU Nomor 799 Tahun 2024 tentang petunjuk teknis penyusunan daftar pemilih,” terang Muhammadun. Ia menyampaikan bahwa nantinya penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran di tingkat desa akan diplenokan oleh PPS dalamnrentangb1-3 Agustus dan di tingkat kecamatan akan diplenokan oleh PPK pada 5-7 Agustus mendatang. Sementara itu, KPU akan mulai menyusun DPS pada 25 Juli-8 Agustus 2024 dan akan memplenokannya pada 9-11 Agustus 2024. Ia menambahkan bahwa dalam penyusunan DPS, akan dibuka ruang untuk tanggapan dan masukan masyarakat pada 18-27 Agustus mendatang, saat PPS mengumumkannya.

Hadepe – kpujepara