Festival musikalisasi puisi yingkat Provinsi Jawa Tengah 2024. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – SMA Negeri 2 Pati menjadi penampil terbaik I dalam babak final Festival Musikalisasi Puisi bagi siswa SMA sederajat tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2024.

Festival musikalisasi puisi tersebut digelar Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) di Teater Makutharama, Hotel Griya Persada, Kabupaten Semarang, belum lama ini.

Sebelumnya, babak penyisihan yang digelar secara daring diikuti oleh 65 sekolah tingkat SMA/SMK/MA yang ada di Jawa Tengah. Dalam penjurian babak penyisihan, juri memilih lima sekolah yang berhak masuk dalam babak final, yakni SMK Negeri 1 Cilacap, SMA Negeri 2 Pati, SMA Negeri 1 Magelang, SMA Pangudi Luhur Van Lith Berasrama Muntilan, dan SMA Negeri 1 Temanggung.

Kelima tim yang masuk babak final tersebut menampilkan musikalisasi puisi wajib dan puisi pilihan.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, M.Hum., menyampaikan apresiasinya kepada dewan juri. Mereka telah bekerja keras untuk menilai 65 tim pada saat babak penyisihan hingga terpilih lima pemenang yang maju ke babak final.

“Festival ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sebagai upaya pelestarian bahasa dan sastra Indonesia, khususnya karya puisi,” ujar Syarifuddin.

Ketua panitia kegiatan, Kahar Dwi Prihantono, M.S., mengatakan, kegiatan tersebut bukan sekadar lomba, melainkan perayaan sukacita karena kelima tim yang masuk finalis sebenarnya sudah menjadi pemenang. Kelima tim tersebut sudah berhasil menyisihkan 60 sekolah di Jawa Tengah.