Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi memukul gong, sebagai tanda dimulainya Kejuaraan Taekwondo Piala Kapolda Jateng. Foto: pengprovti

PURWOKERTO (SUARABARU.ID)– Sebanyak 1.100 atlet berlaga dalam Kejuaraan Taekwondo Piala Kapolda Jawa Tengah, yang digelar di GOR Satria, Purwokerto, Jumat-Minggu (12-14/7/2024). Kejuaraan yang dilaksanakan Pengprov TI (taekwondo) dan Polda Jateng itu, dibuka Kapolda Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi SH SSt MK.

Para atlet turun di nomor Pra Cadet A (2018, 2017), Kyorugi & Poomsae Festival, Pra Cadet B (2016, 2015), Kyorugi & Poomsae Festival, PraCadet RA C (2014, 2013) Kyorugi & Poomsae Festival, Cadet (2012, 2011, 2010) Kyorugi & Poomsae Festival, Junior (2009, 2008, 2007) Kyorugi & Poomsae Festival, Kyorugi & Poomsae Prestasi.

Wakil Ketua Panitia, Deddi Fajar Wijayadi ST IAI MT mengatakan, kejuaraan ini diikuti 1.100 atlet, dari 65 dojang yang ada di Jateng dan DIY. Pelaksanaan kejuaraan didukung 34 wasit daerah dan Nasional.

BACA JUGA: Navisa Fitri Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah

”Kejuaraan ini mempertandingkan lima kelompok usia, Pra Cadet A, Pra Cadet B, Pra Cadet C, Cadet, Junior. Para atlet berusia antara 6-17 tahun,” katanya.

Ditambahkan dia, meskipun persiapan dan publikasi kejuaraan sangat singkat, atau sejak pertengahan Mei lalu, namun animo para atlet taekwondo di Jateng DIY cukup tinggi.

”Pelaksanaan pertandingan hari pertama berjalan lancar, dengan diawali upacara pembukaan oleh Kapolda tepat pukul 09.00,” ujarnya.

BACA JUGA: SCU Kembali Cetak Guru Besar Bidang Psikologi

Menurutnya, untuk juara Kyorugi, masing-masing akan mendapatkan medali emas, perak dan perunggu serta piagam penghargaan. Sedangkan juara Poomsae (Perorangan & Pair), masing-masing akan mendapatkan medali emas, perak, perunggu dan piagam penghargaan.

”Penentuan Juara Umum berdasarkan jumlah medali emas, perak dan perunggu untuk kategori prestasi (kyorugi & poomsae), dengan minimal empat atlet di masing masing kelas. Juara Umum I, II, dan III akan memperoleh piala dan uang pembinaan. Untuk atlet terbaik putra dan putri, akan mendapatkan piala dan uUang pembinaan,” tandasnya.

Riyan