Prof Bertha (tengah) berfoto bersama Guru Besar Fakultas Psikologi Prof Dr Dra Endang Widyorini MS (kiri), dan Kepala LLDikti Wilayah VI, Dr Bhimo Widyo Andoko. Foto: dok/scu

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Soegijapranata Catholic University (SCU) Semarang, belum lama ini menerima dua Surat Keputusan (SK) Guru Besar, dari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Mereka adalah Prof Dr Berta Bekti Retnawati SE MSi dan Prof Dra MY Dwi Hayu Agustini MBA PhD.

Dan yang terbaru, pada Jumat (12/7/2024), SCU kembali menerima SK Guru Besar untuk salah satu dosen Fakultas Psikologi (FPsi). Dia adalah Prof Dr Dra Endang Widyorini MS.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI, Dr Bhimo Widyo Andoko, menyerahkan langsung SK itu, di Gedung Mikael, Kampus 1 SCU Bendan. Prosesi penyerahan SK itu dihadiri jajaran Rektorat, LPSDM, dan Dekanat FPsi SCU.

BACA JUGA: Kesabaran Satria ‘Ngopeni’ Bulldozer Berbuah Manis

”Semoga terus sukses untuk mengembangkan diri, menyumbangkan kinerja perguruan tinggi dan program studi, agar tetap unggul,” pesan Bhimo dalam sambutannya.

Nantinya, ketiga guru besar SCU ini, akan dikukuhkan dalam Rapat Senat Terbuka, yang dilaksanakan Sabtu (20/7/2024), di Theater Thomas Aquinas, Kampus 1 SCU Bendan.

Menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Psikologi bagi Prof Endang, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Dia aktif mengajar di Program Sarjana (S1) maupun Magister (S2) Psikologi di FPsi SCU. Pengabdian di Kampus Ungu pun dia jalani sejak 1987 silam.

BACA JUGA: Gelaran Budaya Wujud Nyata Sinergi Masyarakat dengan Pemerintah

Prof Endang banyak terlibat di berbagai organisasi psikologi, seperti Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi), dan Asosiasi Psikologi Sekolah Indonesia (APSI). Saat ini pun dia masih aktif sebagai Dewan Pakar dan Penasihat Ikatan Psikologi Klinis Jawa Tengah Himpsi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni SCU, Prof Berta Bekti Retnawati menilai, lahirnya guru besar baru merupakan bentuk kontribusi nyata institusinya.

”Ini menjadi momen yang baik, dan sangat kami syukuri. Ini juga menjadi penanda SCU bergerak dengan memberikan kontribusi yang lebih banyak, lewat guru besar. Semoga menjadi jalan yang luas untuk lebih berkontribusi di daerah dan Nasional,” harap Prof Berta.

Sejalan dengan itu, SCU terus mendorong percepatan jabatan fungsional dan akademik bagi para dosennya, melalui Pusat Akselerasi Jabatan Akademik Fungsional (Ajafa) SCU. Tahun ini SCU menargetkan akan mencetak tujuh guru besar lagi.

Riyan