Ilustrasi foto kegiatan pada Jateng Fair 2023. (Foto: Dok PRPP Jateng)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah (Perseroda) segera menggelar agenda rutin tahunan Jateng Fair 2024 mulai 26 Juni 2024 – 11 Agustus 2024.

Kali ini pada Jateng Fair 2024, mengangkat tema “Sensational of Central Java Coffee”, melihat latar belakang Jawa Tengah yang mayoritas wilayahnya menjadi penghasil kopi.

Direktur PRPP, Titah Listyorini, mengatakan lebih dari 25 kabupaten dan kota di Jawa Tengah merupakan penghasil kopi Sebagian diantaranya memiliki cita rasa yang khas.

Dia melanjutkan, tema tentang kopi asal Jawa Tengah digunakan agar masyarakat mengenal lebih dekat secara hulur sampai dengan hilir.

Selain itu, juga mengenalkan jenis dan daerah penghasil kopi agar kopi Jawa Tengah yang semakin banyak dikonsumsi masyarakat baik lokal, regional, maupun internasional.

“Kopi asal Jawa Tengah itu salah satu andalan dari petani lokal, dan cukup dikenal. Ini merupakan sesuatu yang harus kita banggakan dan harus kita angkat” kata dia, dalam konferensi pers di PRPP, Kamis 11 Juli 2024.

Lebih lanjut, tiket masuk PRPP pada hari biasa Rp25 ribu, dan akhir pekan Rp30 ribu. Harga ini belum termasuk tiket parkir.

Perbaikan Sarana Prasarana

Titah melanjutkan, akan ada perbaikan atau peningkatan sarana dan prasarana, di mana usia bangunan PRPP sudah 47 tahun.

“Sampai dengan H-20 hari, kami terus melakukan perbaikan sarana prasarana, kebersihan, memangkas rumput, memperbaiki prasarana lainnya, pengecatan dan lain-lain. Selain itu juga diadakan pemeriksaan keamanan untuk wahana dan lain – lain,” kata Titah.

Sarana yang akan ditambah antara lain, musala tempat ibadah, hingga toilet portabel.

Lebih lanjut, dalam gelaran Jateng Fair tahun ini, turut serta meramaikan Pameran Pasukan dan Peralatan Militer Kodam IV Diponegoro, Pameran Meubel berkualitas Internasional dari HIMKI Jateng.

Untuk panggung hiburan, terdapat sejumlah publik figur, seperti Four Twenty, Ipank Lazuardi, The Changcuters, Armada, Rebellion Rose, Adella, dan lain-lain.

Edukasi Pilah Sampah

Potensi besar Jateng Fair yang bakal menghasilkan banyak sampah, PRPP menggandeng Envera sebuah gerakan yang fokus edukasi lingkungan termasuk pilah sampah kepada para pengunjung.

CEO Envera, Etha mengatakan, mengajak masyarakat beragam kalangan untuk menjadi relawan pilah sampah.

“Pada prinsipnya kita ingin edukasi kepada pengunjung cara pilah sampah. Sampah akan dibedakan antara organik, plastik, dan residu,” kata dia.

Sampah organik akan disalurkan ke pembudidaya Maggot, untuk plastik ke bank sampah, kemudian residu yang masih belum ditemukan cara mengelolanya akan ditempatkan ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Untuk masyarakat yang ingin bergabung menjadi relawan bisa menghubungi akun Instagram PT PRPP, atau Envera.

Diaz Aza