Para mahasiswa sedang mempraktikkan cara memotret kuliner dengan cara yang lebih artistik. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sejumlah mahasiswa semester enam Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang (USM), belum lama ini mengadakan pameran fotografi kreatif di Kampung Jawi.

Kegiatan ini dihadiri Kaprodi Ilkom USM, Edi Nurwahyu Julianto SSos MIKom, dosen pembimbing dan dosen pengampu mata kuliah Ilmu Komunikasi, Yoma Bagus Pamungkas SIKom MIKom.

Ketua Pelaksana, Muzib Fahmi Bahroni mengatakan, kegiatan ini dihadiri 30 peserta, yang terdiri dari 11 pelaku UMKM, 19 anggota PKK di Kampung Jawi, dan Ketua Pengelola Kampung Jawi, Siswanto. Pelatihan ini juga melibatkan sebanyak 15 mahasiswa.

BACA JUGA: Pelatihan Digital Marketing untuk Pelaku UMKM

Disebutkan dia, kegiatan ini bertujuan untuk memvisualisasikan produk kuliner UMKM Kampung Jawi, dengan penggunaan teknik fotografi yang inovatif dan estetis.

”Kegiatan ini menampilkan karya-karya fotografi dari mahasiswa-mahasiswi kreatif kami, yang mengeksplorasi keindahan visual dari kuliner-kuliner yang ada di Kampung Jawi, dengan tema yang beragam. Seperti portrait, landscape, dan konseptual,” ujarnya.

Sementara itu, Pengelola Kampung Jawi, Siswanto berharap, ke depan Kampung Jawi akan lebih berkembang dan dikenal masyarakat luas.

BACA JUGA: Mahasiswa Ilkom USM Gelar Seminar Masalah Gender di Kampung Jawi

”Dengan adanya kegiatan ini, membuat kami semakin tahu akan pentingnya teknik fotografi yang inovatif dan estetis, untuk memasarkan produk kami” jelasnya.

Sedangkan Ketua Kelompok Fotografi, Nabila Novita berharap, produk-produk kuliner khas Kampung Jawi, menarik perhatian wisatawan. Selain itu juga, meningkatkan kesadaran akan kekayaan kuliner lokal.

”Inilah yang menjadi goals, dengan diadakannya kegiatan ini. USM berupaya membangkitkan semangat para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis dan produknya,” tandas dia.

Riyan