Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kolaborasi yang kokoh dan sinergi yang kuat terhadap tugas dan peran masing-masing adalah fondasi dari kesuksesan sebuah organisasi.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto saat menjadi pembina apel pagi di halaman Kantor Wilayah, Rabu (10/7/2024).

“Peran dan tanggungjawab individu di sebuah organisasi diperlukan sinergitas yang kuat. Kolaborasi antar individu dan kelompok merupakan sebuah keniscayaan sebagai pondasi organisasi terus maju,” kata Tejo.

Di dunia yang serba terhubung saat ini, kata Tejo, kolaborasi menjadi elemen penting dalam mencapai kesuksesan di lingkungan kerja.

Menurut mantan Kalapas Ambarawa ini, instansi pemerintah saat ini telah berkembang dengan kecerdasan kolektif dan mengedepankan sinergi antar tim. “Kolaborasi kerja harus melibatkan partisipasi aktif, kerja sama, dan kontribusi timbal balik dari individu kepada instansi,” terang Tejo.

Tejo menyebut kolaborasi dapat memberdayakan instansi untuk mengatasi tantangan dan pemecahan masalah dengan lebih efektif.

Dengan menyatukan pengetahuan dan keahlian, instansi dapat mendekati masalah dari sudut yang berbeda, yang mengarah ke analisis komprehensif dan solusi yang lebih kuat.

“Sinergitas juga dapat menutup kekurangan yang ada di individu maupun kelompok bahkan apabila terdapat kekurangan dari pimpinan,” terangnya.

“Peran serta tanggungjawab masing-masing individu dan kolaborasi harus senantiasa kita pupuk,” imbuhnya.

Sebelumnya, Rizky Novian Hartono selaku pegawai pemberi saran mengajak peserta apel untuk rutin mengikuti kajian Kamis Taqwa dan menjaga kebersihan.

Ning S