Dosen Ilkom yang juga owner Bebek Rempah, Natalia Sari, saat menyampaikan materi dalam pelatihan digital marketing. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang (USM), baru-baru ini menyelenggarakan pelatihan digital marketing dan regenerasi perempuan untuk optimalisasi pemasaran dan penjualan UMKM di Kampung Jawi, Kelurahan Sukorejo, Semarang.

Kegiatan itu dihadiri Ketua Program Studi S1 IlKOM USM, Edi Nurwahyu Julianto dan Ketua Pengelola Kampung Jawi, Siswanto. Hadir sebagai narasumber, Dosen Ilkom yang juga owner Bebek Rempah RR B Natalia Sari Pujiastuti SPsi MSi, dan mahasiswa Ilkom USM, Rizki Cahya.

Ketuai Tim PkM, Muzib Fahmi Bahroni mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital marketing dan kesetaraan gender, dalam konteks pemasaran UMKM. ”Kami berharap, kegiatan ini membawa manfaat bagi para pelaku UMKM,” ujarnya.

BACA JUGA: Mahasiswa Ilkom USM Gelar Seminar Masalah Gender di Kampung Jawi

Sementara itu dalam paparannya, Natalia menyatakan, untuk menjadi pengusaha sukses, harus memiliki semangat dalam mengekspolrasi bakat atau usaha yang ditekuni. ”Bisnis bisa terbentuk dari modal nekad atau tekad,” ujarnya.

Sementara itu, Rizki dalam materinya membagikan pengetahuan mengenai strategi konten dalam bisnis, kepada pelaku UMKM dan ibu-ibu PKK Kelurahan Sukorejo.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian plakat kepada pengelola Kampung Jawi, sebagai bentuk penghargaan atas partisipasinya dalam kegiatan ini.

Riyan