Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menerima kunjungan 395 siswa dan guru MAN Demak. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menerima kunjungan 395 siswa kelas XI dan 25 guru pendamping dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak di Balairung, pada Rabu, 3 Juli 2024.

Kunjungan tersebut untuk memperluas wawasan dan pengetahuan siswa terhadap kebahasaan dan kesastraan, salah satunya tentang pengutamaan bahasa negara.

Wakil Madrasah Bidang Kesiswaan MAN Demak, Nur Kholis, S.Pd., menyampaikan terima kasih karena Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah telah membina dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar di bidang administrasi persuratan.

Pihaknya berharap kunjungan tersebut membantu siswa agar lebih memperluas wawasan dan pengetahuan dalam pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik pada kehidupan sehari-hari.

“Kami mengajak 395 siswa dan guru ke Balai Bahasa untuk mendapatkan wawasan tentang pengutamaan bahasa negara,” kata Nur Kholis.

Nur Kholis menambahkan, pihaknya mengharapkan siswa untuk menggunakan bahasa Indonesia dalam pemanfaatan komunikasi dengan baik. Penggunaan bahasa yang baik dan benar juga harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

“Komunikasi yang baik bukan hanya dari tutur kata, bukan hanya lisan, tetapi juga dalam bertingkah laku terhadap orang yang lebih tua,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator KKLP BIPA Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Citra Aniendita Sari, M.Hum., menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada MAN Demak karena memilih Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sebagai salah satu tempat tujuan dalam rangka kunjungan karya ilmiah. Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah siap menerima kunjungan berbagai pihak dalam rangka pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra.

“Semoga kunjungan ke Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dapat dijadikan sebagai wisata edukasi untuk membuka dan menambah cakrawala tentang kebahasaan dan kesastraan di Indonesia,” ujar Citra.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, siswa MAN Demak menerima pemaparan profil Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dan upaya pengembangan, pembinaan, dan perlindungan bahasa dan sastra di Jawa Tengah.

Kunjungan siswa dan guru MAN Demak itu diterima oleh Koordinator KKLP BIPA, Citra Aniendita Sari, M.Hum., yang mewakili Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Ning S