Editor IDN Times Dhana Kencana menyampaikan materi Jurnalisme Multitaskin (27/6/2024). Foto: Ning S

Sebelumnya, editor IDN Times Dhana Kencana menyampaikan materi Jurnalisme Multitaskin. Dikatakannya, di pusaran era konvergensi media, wartawan didorong memiliki multalenta sehingga mampu melakukan beberapa tugas secara bersamaan (multitasking). Wartawan dengan keterampilan ganda, akan lebih adaptif dan kompeten menghadapi tantangan.

”Wartawan dengan multitalenta akan berpotensi meraih kesuksesan dalam kerier dan proyek kolaborasi, dan adaptif terhadap semua tantangan zaman,” ujar fotografer dan videografer ini.

Dhana yang banyak mendapatkan penghargaan di bidang jurnalistik ini pun memberikan alasan mengapa kemampuan multitasking harus dimiliki wartawan pada era digital saat ini. Alasannya adalah perkembangan platform dan kanal media serta meningkatnya kebutuhan akan kecepatan, kemudahan, dan akses informasi yang terverifikasi.

Selain itu, lanjut dia, persaingan yang ketat antarindustri media yang begitu kompetitif dalam melayani kebutuhan publik/audiens. Faktor lain yaitu keperluan untuk beradaptasi dengan teknologi aplikasi, software, platform, kanal, algoritma, perilaku, dan tren.

”Kemampuan multitasking juga merupakan kebutuhan jurnalisme modern. Wartawan bakal selalu tertantang membuat berita yang menarik, dapat diakses, dan informatif. Penguasaan teknologi akan membuat kita berkomunikasi secara efektif dengan multiformat, multikanal, dan multiplatform,” bebernya.

Kepada peserta SJI, Dhana berbagi tips agar terhindar stres ketika menjalankan multitasking. Seperti mengelola waktu dengan baik, mengasah diri dan belajar untuk fokus terhadap tugas, dan selalu menjaga keseimbangan antara kerja dan kepentingan pribadi.

Ning S