Sapi kurban di Satbrimob Polda Jateng (17/6/2024). Foto: Humas

Kegiatan dilanjutkan dengan proses penyembelihan hewan Qurban yang diawali dengan laporan dari Karo SDM Polda Jateng Kombes Pol Yohanes Ragil selaku Ketua Panitia Kurban Tingkat Polda Jateng.

Disebutkan, peringatan Iduladha tahun ini dilaksanakan serentak di 35 Polres jajaran. Di tingkat Satker Mapolda sendiri terkumpul hewan kurban berupa 15 ekor sapi dan 17 ekor kambing yang akan disembelih di Mako Satbrimob.

“Untuk jajaran Polda Jateng secara keseluruhan melakukan penyembelihan terhadap 176 ekor sapi dan kerbau dan 215 ekor kambing yang proses penyembelihan dan distribusinya tersebar di seluruh polres jajaran Polda Jateng,” ungkapnya.

Penyembelihan dilakukan di samping mako satbrimob Polda Jateng oleh tim ahli dari Salatiga beranggotakan 20 orang dibantu 50 personil satbrimob Polda Jateng yang melakukan pemotongan dan pengemasan daging hewan kurban.

“Untuk Satker Mapolda Jateng, total distribusi paket daging kurban sebanyak 2.030 paket yang diserahkan kepada PHL, warga masyarakat sekitar. 200 paket diantaranya diserahkan kepada 10 yayasan panti asuhan,” jelasnya.

Irwasda Kombes Pol Rudy Mulyantoko dalam amanat Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan, penyembelihan hewan kurban mengingatkan kita pada kisah Nabi Ibrahim as saat diperintah oleh Allah SWT.

“Sebagai bentuk ketaatan terhadap Allah SWT, perintah itu dilaksanakan dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Semoga apa yang kita laksanakan pada hari ini dapat diterima sebagai amal sholeh dan diridhoi oleh Allah SWT. Amin,” tuturnya.

Ning S