Sapi kurban di Satbrimob Polda Jateng (17/6/2024). Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Hari Raya Iduladha 1445 H tahun 2024, Polda Jateng dan jajaran serentak melaksanakan kegiatan sholat Iduladha dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban.

Total ada 176 ekor sapi dan 215 ekor kambing terkumpul sebagai hewan kurban di seluruh Polres jajaran Polda Jateng.

Bertemakan “Iduladha Meneguhkan Nilai Kepatuhan dan Semangat Pengabdian Polri Guna Mewujudkan Kamtibmas Menuju Indonesia Maju”, rangkaian kegiatan Iduladha tingkat Polda Jateng diawali dengan sholat Ied di Lapangan Mako Satbrimob Polda Jateng, diikuti oleh ribuan jemaah dari PJU Polda Jateng, personel Mapolda dan Satbrimob serta warga sekitar.

Hadir selaku imam dan khotib K.H. Prof. Dr. Nur Khoirin YD, M.Ag. Dalam ceramahnya, Guru Besar Agama Islam dari UIN Walisongo Kota Semarang tersebut memberikan materi tentang menemukan iman yang sejati, mempertahankan iman saat diuji, dan pengorbanan demi mengokohkan iman itu sendiri.

“Iman tidak datang secara tiba-tiba, namun melalui proses yang panjang dan bersungguh sungguh, serta penuh pengorbanan,” ungkapnya.

Dikatakan bahwa penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan ini hanyalah simbolis, namun makna sejatinya adalah bentuk kesediaan kita untuk siap berkorban dalam bentuk apapun, termasuk yang kita cintai sekalipun sebagaimana yang dicontohkan Nabi Ibrahim as.

“Betapapun besarnya cinta kita terhadap anak, harta, pangkat dan jabatan yang disandang, tidak boleh mengalahkan cinta kita terhadap Allah SWT,” ujarnya berpesan.

Dirinya mengajak seluruh jamaah untuk selalu mensyukuri nikmat Allah SWT agar segala nikmat yang diterima menjadi berkah, dan selalu meningkatkan kualitas iman serta ketaqwaan terhadap Allah SWT.