Warga Kampung Madyorejo, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo, melakukan penyembelihan hewan kurban dari jamaah Masjid Al Falah.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Daging hewan kurban dari jamaah Masjid Al Falah Kampung Madyorejo RT 1/RW 7, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, dibagi-bagikan ke masyarakat dan ke Pondok Pesantren (Ponpes) serta ke Panti Asuhan.

Tokoh Masyarakat, Begug SW, mengabarkan, pada Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Masjid Al Falah menyembelih 5 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Penyembelihan dilakukan seusai sholat. Sholat Idul Adha bertempat di Alun-alun Satya Negara Sukoharjo. Menampilkan Imam dan Khotib Ustadz Sholahuddin Sirizar Lc, MA dan Ustadz. Abu Bakar Ahmad Al-Hafid.

Ketua Takmir Masjid Al Falah, Ir Rudy Setyohadi, penyembelihan hewan kurban dilaksanakan setelah sholat di lokasi pekarangan sekitar Lapangan Tenis Meja Puma-20 yang berada di tepi Jalan Agung.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panitia Drs Murwat, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua warga dan para muqorib yang telah bekerja dan berkurban. ”Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT,” ujarnya.

Ketua RT Joko Sarjana SH, menyatakan, 5 ekor sapi merupakan patungan dari 35 orang mukhorib, kemudian 5 ekor kambing dari mukhorib. Penyeleksi permohonan daging kurban, dilakukan oleh Triminarno SH bersama Hary Nugroho ST.

Untuk kurban kambing diberikan kepada Ponpes Muhammadiyah  Tijarotul Qur Aniyah, Desa Puron, Kecamatan Bulu, Kabupaten  Sukoharjo, Mahad Al Bayaan di Desa Celengan, Sukoharjo, Masjid Mutaqqin di Bakrejo Sukoharjo, Masjid di Gantiwarno Klaten dan ke Panti Asuhan Dharma Aji Insan, di Gedongan, Colomadu, Karanganyar.

Kulit sapi diberikan ke Ponpes Tarbiyatul ummah, Purworejo, Jetis, Sukoharjo, ke  Ma’had Aly Baitul Hikmah, Bulakrejo. Sukoharjo, ke Ma’had Ki Bagus Hadikusumo, Grogol, Sukoharjo.

Petugas pendistribusian daging kurban, Suradi dan Hanggoro P, menyatakan, daging kurban dibagikan kepada warga setempat dan warga kampung sekitar, serta kepada warga yang mengajukan permintaan. Untuk jerohan sapi (blondot), habis dibagikan kepada warga yang meminatinya.
Bambang Pur